Wow! FleetSight Bisa Pantau Segala Aktivitas Kendaraan

0
314
Fleetsight
Copyright©metrotvnews

Wow! FleetSight Bisa Pantau Segala Aktivitas Kendaraan

Oketekno.comFleetSight. Selama ini kita sering banget menemui tulisan “Jika kendaraan in imelaju lebih dari 60Km/Jam, mohon hubungi HP 123. Akan tetapi jika sopir kami ugal-ugalan, mohon hubungi 789.” Untuk tulisan seperti itu biasanya terdapat pada bagian belakang kendaraan angkutan barang maupun orang.

Namun, kali ini ada sebuah cara yang lebih mudah dan sederhana lagi untuk melaporkan tindakan seperti itu karena saat ini ada solusi Internet of Things atau biasa disingkat dengan IoT.

Simak Yuk: Mengenal Aplikasi Jora, Temukan Lowongan Kerja Akurat dari Berbagai Situs!

Saat ini, beberapa operator selular Indonesia telah mulai untuk menyediakan solusi pemantau aktivitas mengemudi yang membahayakan tersebut melalui bisnis IoT. Untuk sistem pemantau tersebut yang terbaru diluncurkan oleh provider Telkomsel dengan meriliskan FleetSight.

Fleetsight Zoom
Copyright©jawa pos

Dengan menggunakan teknologi FleetSight canggih ini, perusahaan armada mobil/bus/ mungkin truck bisa memantau aktivitas perjalanan kendarannya secara langsung alias real-time. Di dalam perangkat tersebut juga terdapat Onboard Diagnostic alias OBD yang bisa dipasang di kendaraan.

Nah, ketika ODB ini telah terpasang di Kendaraan, maka semua data seperti lokasi, kecepatan, dan hal sebagainya bisa dipantau oleh sang pemilik atau penanggung jawab secara langsung. Terlebih lagi alat ini juga tidak bisa berbohong.

Ketahui Nih: Cara Lacak Lokasi Seseorang Tanpa Aplikasi Tambahan

“Perusahaan bisa memantau setiap waktu kendaraannya ada dimana” seperti itulah yang diungkapkan oleh GM Fleet Management Telkomsel bernama Arief T. Hermawan saat ditemui di peluncuran FleetSight, Jakarta, Tanggal 27 November 2017 kemarin.

Ia juga menjelaskan jika layanan FleetSight ini juga bisa mengetahui apakah kendaran tersebut sedang dalam kondisi mati, atau mungkin menyala namun diam ditempat saja atau bisa jadi sedang berjalan. Berbagai parameter dari alat ini juga bisa diatur sesuai dengan keinginan, contohnya saja seperti batas kecepatan kendaraan, arah jalan, batas lokasi yang biasa disebut dengan geofencing juga bisa diatur.

“Jika kendaraan keluar dari geofencing yang sudah diatur, maka akan kelihatan dan ada peringatan” lanjut Arief pada sesi wawancaranya.

Lalu Vice President IoT yang bernama Marina Kacaribu juga memberikan kejelasan jika solusi FleetSight ini nantinya juga bisa memberikan data yang dapat diolah untuk menghemat biaya pengeluaran seperti BBM salah satunya.

Marina juga menegaskan jika pengembangan FleetSight ini kedepannya akan membawa beberapa fitur lebih baik dan modern lagi untuk menjamin keselamatan penumpang dan mengurangi angka kecelakaan karena sopir yang ugal-ugalan pastinya.

baca juga: Benarkah Telkomsel akan saingi Youtube?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here