Benarkah FaceID iPhone X Kurang Aman Untuk Transaksi Pembayaran?

0
917
FaceID iPhone X
Copyright©Phonearena

Benarkah FaceID Kurang Aman Untuk Transaksi Pembayaran?

Oketekno.com – Pada awal bulan November 2017, salah satu firma keamanan asal Vietnam bernama Bkav telah berhasil membuat topeng guna mensiasati autentikasi FaceID iPhone X yang belakangan di resahkan.

Produsen asal Cupertino ini telah resmi merilis iPhone generasi sepuluh dengan fitur khas terbaru yakni FaceID. Sayangnya, belum lama mangkir di kabar peluncurannya Apple sudah menuai kritikan miring.

Simak Nih: OnePlus 3 dan 3T Cicipi Manisnya Android 8.0 Oreo!

Bertubi-tubi gosip yang menerpa sang raksasa teknologi ini dimulai dari kehadiran Animoji pada perangkatnya. Fitur emoticon ini membuat Apple kena gugat dari perusahaan asal Jepang bernama Emonster.

Face ID iPhone X kurang aman
Copyright©Bkav/Phonearena

Selanjutnya tentang keamanan fitur yang dibenamkan pada iPhone X, FaceID yang belakangan terakhir memang ramai di perbincangkan. Fitur pengenalan wajah atau FaceID iPhone X ternyata di sebut kurang aman.

Meski Apple telah mengklaim fitur ini cukup aman, yang terjadi malah jadi ‘guyonan’. Sebelumnya hal ini viral menjadi meme oleh netizen, karena fitur yang di sebut aman malah mudah di kelabuhi. Disamping itu, banyak informasi baru mengabarkan kalau keamanan fitur ini cukup di ragukan.

Ketahui Yuk: 4 Cara Hindari Aplikasi Palsu yang Berisi Malware

Pasalnya hanya dengan wajah mirip saja atau dengan pemakaian topeng, ponsel berplatform ini sudah bisa di akses. Kabar terbaru, Selasa (28/11/2017), Bkav sebagai firma keamanan berbasis di Vietnam mengatakan kalau FaceID iPhone X belum siap untuk di gunakan sebagai alat untuk autentikasi pembayaran.

Dalam hal ini Bkav sekaligus menyampaikan bahwa mereka saat ini telah mengembangkan topeng guna mengelabuhi sistem pengenalan wajah yang di tawarkan Apple. Perusahaan ini merekomendasikan agar semua pengguna perangkat iOS terutama iPhone X untuk tidak memanfaatkan Face ID sebagai salah satu sarana identitas mereka, termasuk dalam hal transaksi keuangan.

Saat ini Bkav masih percaya dengan pengaman biometrik seperti sensor sidik jari atau fingerprint. Tentu saja hal ini jauh bertentangan dengan pernyataan Apple yang lebih mengatakan ‘hanya ada 1 dari 1 juta kemungkinan bahwa Face ID bisa dibobol di iPhone X oleh oknum yang tidak bertanggung jawab’.

Malahan, dalam waktu yang sama Apple mengatakan kemungkinan Touch ID seperti fingerprint bisa dibobol dengan probabilitas 1 dari 50.000.

baca juga: 3 ponsel terbaru dari apple yang akan meluncur tahun depan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here