Smartphone Termometer Pertama di Dunia Akankah Dirilis? Seperti Apa ?

0
794
Modul termometer pada Smartphone
Copyright©Korea Herald

Smartphone Termometer Pertama di Dunia Akankah Segera Dirilis ?

OKETEKNO.COM – Belakangan ini tengah menjadi hits smartphone bezelless dengan dual kamera yang didaulat menjadi smartphone jaman ‘now’ atau kekinian. Namun bukan hanya terkait smartphone berlayar lapang yang mulai mejamur namun pecinta gadget tengah dikejutkan dengan berita terkait Smartphone Termometer pertama di dunia. Lantas akankah smartphone dengan modul termometer ini akan segera dirilis ke pasaran ? Vendor ponsel mana yang akan mengusungnya ?

Kabar terkait Smartphone Termometer ini nyatanya bukan hanya isapan jempol semata lantaran perusahaan teknologi besar di Korea Selatan yakni CrucialTec belum lama ini merilis modul sensor termometer dengan ukuran micro. Modul tersebut bahkan dapat dipasang dalam sebuah smartphone yang menawarkan fitur untuk mengukur suhu.

Baca Juga Beginikah Desain Smartphone Lipat Samsung? Lebih Unik dari Axon M!

Dilansir dari laman Herald Korea, perangkat yang disebut-sebut sebagai Smartphone Termometer itu memiliki kemampuan untuk mengukur suhu tubuh seseorang dengan sangat cepat yakni hanya dalam waktu 0,5 detik saja. Kinerjanya menggunakan aplikasi yang terhubung dalam smartphone yang digunakan.

Smartphone Termometer
Copyright©Korea Herald

Kendati demikian hingga saat ini telah banyak berbagai aplikasi pada ponsel cerdas yang mengklaim dapat memfungsikan fitur termometer untuk mengukur suhu tubuh. Hanya saja kemampuan yang ditawarkan di sejumlah aplikasi tersebut nyatanya masih berupa gimmick saja atau sekedar mencari perhatian pecinta gadget. Lantas akankah Smartphone Termometer ini dapat benar-benar ada ?

Selain itu laporan di laman Gizmochina pada Selasa (228/11/2017) sendiri mengungkapkan bahwa modul termometer yang digarap tersebut menggunakan sistem microelectromechanical dimana terintegrasi serta diberi nama i-MEMS.Dengan modul tersebut maka perangkat yang disebut-sebut Smartphone Termometer ini dapat mengukur suhu tubuh manusia maupun benda-benda lain yang memiliki suhu diantara minus 40 derajat Celcius hingga 200 derajat Celcius.

Baca Juga Wow, Ini Lho Ponsel Sekaligus Fidget Spinner Unik!

Sayangnya tidak disebutkan lebih spesifikasi apakah modul termometer ini dapat difungsikan untuk mengukur suhu hewan atau tidak. Hanya saja suhu hewan berada pada kisaran suhu yang direkomendasikan sehingga kemungkinan besar suhu hewan dapat diukur dengan modul pada perangkat Smartphone Termometer ini nantinya.

Bukan hanya itu saja, dilaporkan pula bahwa panas pada perangkat smartphone sendiri tidak akan mempengaruhi dan menganggu proses pengukuran suhu tubuh manusia maupun benda-benda lain yang diukur melalui Smartphone Termometer ini. Sementara untuk sensor termometer sendiri diletakkan di bagian dalam ponsel dan keluar melalu modul pada panel belakangnya.

Baca Juga Samsung Galaxy Note 8 Gunakan Setup Kamera Ganda Unik dan Serba Dual

Yang lebih menarik lagi teknologi modul termometer pada smartphone ini dirancang tanpa kontak yang berarti pengguna ataupun obyek yang akan diukur suhu tubuhnya tidak oerlu melakukan kontak fisik secara langsung dengan sensornya. Tentunya cara ini dapat meminimalisir resiko penularan atau infeksi seperti yang umumnya terjadi pada termometer lain.

Namun sayangnya hingga saat ini belum ada tanda-tanda kapan modul termometer tersebut diterapkan pada perangkat ponsel cerdas sebagai Smartphone Termometer. Jika fitur termometer pada smartphone ini terwujud dapat menjadi sebuah trend yang bukan tidak mungkin juga akan dihadirkan pada smartphone dari berbagai vendor ponsel di sejumlah segmen. Lantas akankah teknologi ini akan hadir pada flagship besutan Samsung atau LG ? Kita nantikans aja perkembangan beritanya.

Baca Juga Oppo R11s Bakal Dijejali Fitur Unik ‘Star Screen’, Fungsinya ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here