Aplikasi Google Maps Ternyata Bisa Dipakai Tanpa Internet, Begini Caranya!

0
2513
Google Maps
Copyright ©urbanindonesia

Aplikasi Google Maps Ternyata Bisa Dipakai Tanpa Internet, Begini Caranya!

Oketekno.com – Aplikasi penyedia layanan peta besutan raksasa teknologi Google yang bernama Google Maps tentu sering dipakai bagi seseorang yang biasa melakukan perjalanan namun enggan ntuk bertanya mengenai arah jalan, dan lebih mengandalkan aplikasi Google Maps sebagai penunjuk jalan. Berbasis online, tentunya jika menggunakan aplikasi peta tersebut harus membutuhkan koneksi internet yang cukup baik.

Akan tetapi, koneksi internet di daerah Tanah Air saat ini masih ada tempat masih yang belum terjangkau, ditambah apalagi ketika sedang melakukan perjalanan jauh. Jika kita sedang dalam perjalanan namun malah nyasar tentu membuat kita bingung tak bisa mengakses Google Maps.

Simak Juga : Aplikasi Google Maps Update Tampilan Baru, Ini Fitur Baru dan Penampakannya!  

Terkait hal tersebut, ternyata Google lebih dapat memahami kebutuhan dari pengguna layanannya. Aplikasi maps paling populer tersebut ternyata mengusung fitur untuk dapat tetap dipakai pengguna tanpa harus terkoneksi dengan internet. Berikut akan kami paparkan mengenai cara mudah untuk memakai layanan aplikasi Google Maps tanpa terkoneksi dengan internet atau koneksi yang buruk saat perjalanan.

Copyright ©Linkedin

Langkah yang pertama tentunya kalian harus membuka aplikasi Google Maps sebelum melakukan perjalanan yang diprediksi akan sulit mengakses internet, jadi sebaiknya pastikan smartphone masih dapat terhubung dengan internet dahulu. Pada kesempatan tersebut, kalian cari dahulu lokasi tujuan dari perjalanan, dan pastikan lokasi tersebut sesuai dengan keinginan.

Ketika aplikasi Maps sudah menampilkan jalannya rute yang akan ditempuh dari lokasi kalian menuju pada lokasi tujuan, selanjutnya cari pada aplikasi menu mode Offline. Kemudian lihat pada ikon susunan garis yang ada pada sudut kiri bawah tampilan aplikasi tersebut.

Baca Juga : Cara Maksimalkan Google Maps Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Selanjutnya akan ditampilan halaman yang berisi informasi rute perjalanan, kemudian geser halaman itu ke bawah terus sampai dengan menemukan menu ‘Save Offline’ dengan ikon download. Maka proses pengunduhan atau penyimpadan peta rute perjalanan akan terunduh pada aplikasi peta andalan tersebut.

Jika pada perjalanan sudah membutuhkan petunjuk, maka segeralah mengakses peta yang sudah diunduh untuk dipergunakan secara offline. Kalian harus kembali ke tampilan awal aplikasi Maps yakni ketika baru membuka aplikasi tersebut. Klik ikon yang ada di sudut kanan atas tampilan aplikasi. Selanjutnya pilih offline maps dengan ikon berupa awan dicoret, maka peta yang sudah diunduh tadi akan ditampilkan.

Simak Juga : Cara Gunakan Google Maps Offline Buat Bekal Mudik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here