Ternyata Ini Alasan Absennya Jack Headphone Pada Razer Phone!

0
763
Ternyata Ini Alasan Absennya Headphone Jack Pada Razer Phone
Copyright©Razer

Ini Alasan Absennya Jack Headphone Pada Razer Phone!

OKETEKNO.COM – Menjelang penghabisan tahun 2017 nampaknya telah muncul beberapa trend anyar pada sebuah smartphone yakni layar penuh 18:9, usungan dual kamera dan dihilangkannya port audio atau jack headphone. Untuk trend yang ketiga tersebut tentunya memaksa sejumlah pengguna untuk memuseumkan headphone jadulnya dan beralih ke headphone anyar dengan port USB Type-C atau konektor lighting. Sejumlah vendor ponsel yakni LeEco, Apple dan Google telah mengaplikasikannya dalam posnel anyar mereka dan kini Razer Phone yang baru dirilis juga telah menghilangkan port jack headphone, alasannya ?

Meskipun belum banyak produsen smartphone yang mengadaptas trend smartphone tanpa jack headphone namun nyatanya trend tersebut semakin meluas. Smartphone gaming Razer Phone yang mendapatkan respon positif di pasaran tidak memiliki kenektor jack 3.5 mm headphone. Hal itu memang cukup mengherankan mengungat ponsel ini hadir dengan kemampuan audio jempolan yakni output audio kelas audiophile.

Baca Juga Smartphone Gaming Razer Phone Melenggang di Singapura, Indonesia Kapan?

Solusi untuk pengguna yang ingin menikmati audio melalui perangkat headphone memang telah dipecahkan oleh perusahaan gaming gear tersebut. Razer merilis headphone atau earphone bertajuk Razer Hammerhead USB-C beberapa waktu lalu dengan harga USD 100 atau setara Rp 1.3 jutaan. Kendati demikian banyak para pecinta gadget yang bertanya-tanya alasan perusahaan menghilangkan jack headpone pada ponsel gaming Razer Phone ini.

Melalui akun Facebook, CEO Razer bernama Min-Liang Tan angkat bicara terkait dihilangkannya konektivitas jack headphone pada Razer Phone. Alasannya ternyata terkait aspek teknis dimana dijelaskan bahwa dengan meniadakan jack headphone maka timnya dapat menambah kapasitas pada baterainya secara signifikan. Menurut perkiraan kapasitas baterai perangkat naik sebesar 500 mAh. Bukan hanya itu saja, dijelaskan pula bahwa berkat adanya ruang yang lebih besar maka Razer dapat mengoptimalkan sistem thermal untuk performaya.

Razer Phone tanpa jack headphone 3.5mm
Copyright©Razer

Sementara itu Razer Phone sendiri ditenagai oleh baterai dengan daya 4000 mAh yang memang lebih bertenaga dari perangkat flagship terbaru seperti Samsung Galaxy S8 dengan baterai 3000 mAh hingga iPhone X yang disuplai baterai 2716 mAh saja. Hal ini menjadikan kemampuan hidup baterainya lebih panjang sehingga pengguna dapat merasakan sensasi bermain game lebih lama.

Baca Juga Ketangguhan Razer Phone Siap Saingi iPhone X!

Bukan hanya itu saja dengan absennya jack headphone 3.5 mm pada Razer Phone maka memungkinkan perusahaan untuk menyematkan DAC adapter 24-bit bersertifikasi THX dimana mampu membuat smartphone menghasilkan musik pada level audiophile sehingga pengguna dapat memperoleh kualitas audio lebih baik dan optimal dari headphone yang dipakai.

Meskipun tidak memiliki jack audio 3.5 mm jack namun pengguna dapat memanfaatkan ekstra dongle yang menghubungkan jack headphone 3.5 mm ke smartphone anyar. Razer turut menghadirkan dongle adaptor USB Type-C ke port headphone 3.5 mm dalam paket bundel Razer Phone dengan harga USD 80 atau Rp 1 jutaan. Aksesoris tersebut dapat menjaga agar smartphone android ini dapat  mendukung headphonel earphone analog third-party meskipun kemungkinan solusi ini kurang disukai.

Baca Juga Harga Razer Phone Terbaru Spesifikasi Garang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here