Malware Pengintai Pengguna Android Ditemukan Google, Seperti Apa?

0
350
Tizi Malware Android
Copyright©spyware

Malware Pengintai Pengguna Android Ditemukan Google, Seperti Apa?

Oketekno.com – Akhir-akhir ini para pengguna Smartphone Android yang ingin mendownload aplikasi harus berhati-hati, hal ini dikarenakan pihak Google telah menemukan malware terbaru yang telah dimasukkan ke beberapa aplikasi yang berada di Play Store.

Untuk malware ini nantinya bisa mencuri data-data pribadi yang sangat sensitif dari perangkat Smartphone Android yang telah diserangnya. Menurut salah satu sumber, raksasa internet yang bermarkas pusat di Amerika Serikat ini telah mendeteksi malware terbaru yang bernama Tizi ini sejak bulan September 2017 lalu.

Simak Nih: Awas, Jangan Buka Pesan WhatsApp Ini Jika Tak Ingin Smartphone Milikmu Mendadak Hang!

Pada saat itu, fitur dari google yang bernama Google Play Protect telah berhasil untuk mendeteksi aplikasi yang terkena malware berbahaya dengan kemampuan rooting Smartphone android yang sedang download aplikasi melalui aplikasi Play Store.

Tizi Malware Android
Copyright©spyware

Untuk saat ini, Google Play Protect merupakan solusi keamanan terbaik untuk memindai segala jenis dan macam aplikasi yang akan dipublikasikan di Play Store. Fungsi utamanya sendiri yang sudah pasti ialah memastikan jika aplikasi yang akan diunduh oleh sang pengguna Android itu benar-benar steril dan terhindar dari segala jenis malware.

Ketahui Yuk: Cara Jelajahi Dark Web Gunakan Google Chrome dengan Mudah

Terlebih lagi ketika pihak Google telah melakukan pemeriksaan secara menyeluruh di semua aplikasi-aplikasi tersebut yang berasal dari pihak pengembang yang sama. Pembesut Smartphone Pixel 2 itu pun juga menemukan pembuat malware yang mana juga menggunakan situs web dan sosial media untuk menautkan unduhan aplikasi dari Google Play Store.

Di dalam sebuah keterangan yang ditulis oleh pihak Google, Malware jenis ini kebanyakan telah menyerang para pengguna Smartphone Android yang berada di Afrika. Perlu anda ketahui bahwa malware ini nantinya bisa merekam panggilan dari aplikasi pesan, menerima sms, mengambil alih akses panggilan, riwayat panggilan dan juga foto. Selain itu, malware berbahaya ini juga bisa mengambil gambar melalui lensa kamera Smartphone tanpa sepengetahuan pengguna.

baca juga: Cara Ubah Browser Android Jadi Mesin Waktu, Penasaran?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here