Telkomsel Segera Luncurkan Paket Data Internet Baru Diatas 4G LTE, Seperti Apa?

0
3726
Telkomsel
Copyright©Telkomsel

Telkomsel Segera Luncurkan Paket Data Baru, Seperti Apa?

Oketekno.com – Salah satu operator seluler terbesar di Indonesia, yaitu Telkomsel, baru saja membocorkan rencana untuk memberikan paket data internet baru kepada pelanggan setianya. Paket data tersebut diklaim akan memanfaakan jaringan yang baru dimenangkannya dalam pelelangan, yakni spectrum 2.3 GHz.

Spektrub teranyar tersebut akan dimanfaatkan guna membangun BTS (Based Transceiver Station) yang mengusung teknologi time develop duplex (TDD). Teknologi tersebut diklaim mampu membuat jaringan data lebih konsesten stabil. Hal itu juga diungkapkan Bob Apriawan, Direktur jaringan Telkomsel.

“Kita harapkan dengan ada paket-paket baru itu, pendapatan darinya bisa dipakai untuk investasi kembali,” ungkap Bob.

Simak Juga : Penghemat Kuota Android, Aplikasi Datally Resmi Dirilis Google!

Sementara menurut Direktur Utama Ririek Adriyansah mengungkapkan jika ada 500 BTS yang akan ditingkatkan kelasnya, yakni dari menara 4G LTE ditingkatkan menjadi 4G LTE TDD. Peningkatan kelas tersebut diutamakan terlebih dahulu menyasar pada kota-kota besar yang mempunyai penduduk yang super padat.

YouTube / Telkomsel
Copyright©YouTube / Telkomsel

“Dalam jangka pendek akan kita gelar 500 BTS baru di beberapa kota di Jawa dan luar Jawa,” ungkap Ririek. Walaupun menyebut BTS baru, sebenarnya mereka hanya menyematkan radio berteknologi TDD ke menara BTS 4G yang sudah ada.

Penambahan pada frekuensi 2,3 GHz ini akan meringankan beban jaringan yang belakangan mereka alami. Sebelumnya, operator seluler terbesar se-Tanah Air itu harus melayani 3,6 juta pelanggan dari tiap 1 MHz yang mereka miliki. Akan tetapi dengan adanya penambahan 10 MHz dari 2,3 GHz (2.300 MHz) ini, beban mereka berkurang jadi 2,3 juta pelanggan untuk tiap 1 Mhz.

Simak Juga : Saingi YouTube, Telkomsel Berencana Ciptakan Video Marketplace!

Tidak main-main, Telkomsel berani menebus hak penggunaan 10 Mhz di 2.300 Mhz dengan mahar lebih dari Rp1 triliun pada lelang yang rampung Oktober lalu. Dengan adanya tambahan frekuensi tersebut, kini Telkomsel memiliki 52,5 Mhz untuk melayani 120 juta pelanggan.

Ririek mengungkapkan jika investasi untuk menerapkan teknologi TDD padadi jaringan mereka tak butuh biaya yang banyak. Untuk 500 BTS baru yang ditargetkan rampung sampai dengan akhir tahun ini, belanja modal (capital expenditure – capex) yang keluar ia perkirakan tidak sampai 5 persen dari total capex.

Baca Juga : Daftar Harga Paket Internet Telkomsel Simpati Terbaru 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here