Facebook Messenger Khusus Anak Resmi Diluncurkan, Ini Fitur yang Berbeda!

0
1000
Facebook Messsenger Kids
Copyright©Facebook

Facebook Messenger Khusus Anak Resmi Diluncurkan, Ini Fitur yang Berbeda!

Oketekno.com – Terus memperbaiki layanannya, perusahaan sosial media raksasa Facebook diketahui baru saja meluncurkan aplikasi baru pada layanan pesan instan Messenger. Ikut serta para orang tua untuk menjaga buah hati, perusahaan besutan Mark Zuckerberg tersebut resmi meluncurkan Facebook Messenger khusus anak-anak yang bertajuk Messenger Kids.

Aplikasi Messengar Kids dikhususkan kepada anak berusia 6 sampai dengan 12 tahun. Berbeda dengan aplikasi Messenger biasanya, layanan pesan instan tersebut memungkinkan anak-anak mendaftar secara gratis tanpa harus memiliki akun sosial media Facebook.

Pembuatan aplikasi pesan instan khusus anak tersebut ternyata menyesuaikan dengan peraturan hukum yang telh diberlakukan, yakni anak yang berusia di bawah usia 13 tahun tidak diperbolehkan untuk bergabung dengan layanan milik Facebook. Selanjutnya, bagaimana cara kerja dari aplikasi Messenger Kids?

Simak Juga : Ini 5 Fitur Tersembunyi Facebook Messenger yang Jarang Diketahui Penggunanya!

Memang dilihat secara garis besar layanan tersebut masih sama dengan aplikasi Messenger standar, yaitu memungkinkan para penggunanya untuk mengirimkan teks, audio, foto, gif dan bahkan video. Ada juga beberapa emoticon atau emoji lucu dan menarik untuk mempercantik obrolan dengan teman ataupun sanak saudara.

Facebook Messsenger Kids
Copyright©Facebook

Akan tetapi dada salsah satu fitu yang paling membedakan dengan aplikasi Messenger standard, yaitu adanya fitur pengontrolan orang tua, ata sering disebut parental control. Yang mana dengan fitur tersebut apabila ada teman ataupun saudara yang ingin mengobrol lewat Messenger Kids harus tersebih dahulu mendapatkan persetujuan dari orang tua lewat akun Facebook masing-masing.

Selain itu, aktifitas online sang buah hati lewa Messenger Kids juga dapat dipantau oleh orang tua, yakni apabila sang anak online maka orang tua akan mendapatkan pemberitahuan khusus pada akun Facebook-nya. Pihak Facebook sendiri menegaskan bahwa Messenger Kids senagaj diciptakan guna menciptakan aktiitas komunikasi yang baik bagi anak-anak, bukan berarti adanya niatan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar lewat aplikasi Messenger khusus anak itu.

Baca Juga : Tips Cara Mengetahui dan Mengatasi Akun Facebook yang di Hack

“Tak ada iklan di Messenger Kids dan informasi tentang anak Anda tak akan diberikan ke pengiklan. Aplikasi ini gratis dan tak ada in-app purchase,” penjelasan perwakilan Facebook.

Sebelum resmi diluncurkan di Amerika Serikat , pengembangan aplikasi Messenger Kids juga melalui tahap konsultasi dengan Children’s Online Privacy and Protection Act (COPPA), merupakan lembaga hukum yang bertujuan melindungi anak-anak di bawah umur dari eksploitasi di dunia maya.

Baca Juga: Alasan Keamanan, Login Facebook Bakal Gunakan Foto Selfie!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here