Phablet Akan Kalahkan Smartphone Pada 2021 Mendatang?

0
914
Phablet
Copyright ©jalantikus

Phablet Akan Kalahkan Smartphone Pada 2021 Mendatang?

Oketekno.com Phablet atau Phone Tablet sendiri adalah smartphone dengan ukuran layar antara 5,5 hingga 7 inchi yang mana diprediksi akan terus tumbuh pesat dan mengalahkan smartphone dengan layar kecil. Setidaknya hal ini lah yang merupakan ramalan dari firma penelitian IDC.

Secara keseluruhan, peredaran smartphone sendiri juga akan terus bertumbuh dari 1,5 miliar unit pada tahun 2017 menjadi 1,7 Unit pada 2021 mendatang. Angka ini pun tercatat menunjukkan peningkatan sekitar 3 persen.

Lebih spesifiknya Phablet ini pertumbuhanya dipatok lumayan lebih signifikan yakni dari 611 juta unit menjadi 1 miliar unit per 2021 mendatang. Sementara smarthpone dengan layar kecil pun diprediksi akan menciut populasinya menjadi hanya 7,4 persen pada empat tahun mendatang.

Baca: Harga Philips S327 dan Spesifikasi, Phablet 5.5 Inch Nougat Sejutaan di Indonesia

Maka dalam hal ini, Android sendiri pun digadang-gadang akan menjadi penopang besar dan tren bagi Phablet. Hal ini pun terbukti, Samsung yang kini mendominasi kategori phablet dengan adanya lini Galaxy Note.

Phablet
Copyright ©Android

Samsung Galaxy Note ini pun juga telah mendominasi jika dibandingkan dengan pabrikan-pabrikan yang lainya. Sementara itu dilain sisi, Negara Tirai Bambu, China juga menjadi Negara dengan pengguna Phablet terbanyak.

Bahkan penggunakan Phone Tablet di China ini pun juga diramahlan akan terus meningkat pada setiap tahunnya. Negara China ini telah meraup setidaknya 50 persen dari peredaran Phone Tablet yang beredar sepanjang tahun 2016 yakni sebanyak kurang lebih 437,4 juta unit.

Baca: Harga Alcatel Pixi 4 (6) 4G Terbaru, Phablet 6 inch Tangguh RAM 1,5 GB

Hal ini pun juga seperti yang diungkapkan oleh Vice President IDC, Ryan Reith bahwa pada tahun 2012 lalu, Phone Tablet ini hanya menyumbang 1 persen atas penjualan smartphone secara keseluruhan. Dan saat ini hampir 50 persen dari smartphone yang beredar adalah jenis Phablet.

Adanya transisi ke bezel-less berkontribusi terhadap tren layar besar dengan ukuran body yang mirip dengan smartphone yakni tetap mungil. Sementara itu masyarakat semakin membutuhkan hiburan berupa video, game dan juga media social dengan adanya penuntutan layar yang jumbo.

Pihak Apple pun juga kabarnya akan turut mengambil langkah massif atas adanya tren Phablet ini. IDC menilai seri Phone Tablet iPhone Plus dan X akan segera berjontribusi sekitar 41 persen penjualan perankat mobile Apple sepanjang tahun 2017 ini.  Sedangkan pada tahun 2018 mendatang bisa lebih meningkat jumlahnya yakni 50 persen bahkan lebih.

baca juga !

Harga Wiko Lenny 4 Plus dan Spesifikasi, Phablet Nougat 5.5 Inchi Murah nan Trendi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here