Google Assistant Segera Sambangi Feature Phone!

0
1352
Google Assistant
Copyright ©Android Authority

Google Assistant Segera Sambangi Feature Phone!

Oketekno.com – Raksasa teknologi Google kembali mengepakkan sayapnya pada penggunaan layanan besutannya. Setelah meluncurkan beberapa update khusus iPhone X, raksasa mesin pencari internet tersebut baru saja merilis asisten personal virtual, Google Assistant yang diterjunkan pada feature phone.

Melansri dari Android Authority, Rabu (6/12/2017), pihak Google resmi mengumumkan layanan Assistant besutannya untuk feature phone lewat acara di New Delhi, India pada Selasa 5 Desember 2017 waktu setempat. Meluncurnya Google Assistant adalah salah satu praktik Google dalam menyokong berkembangnya ponsel low-end.

Simak Juga : Google Maps Hadirkan Fitur Khusus Bagi Pengendara Motor!

Meskipun pertumbuhan pengguna smartphone sangat pesat, namun ternyata masih banyak orang yang menggunakan feature phone di seluruh penjuru dunua. Walaupun tidak berjalan diatas sistem operasi Android, akan tetapi mengusung fitur yang dapat terkoneksi dengan jaringan internet, maka Google dapat merilis layanan Assistant untuk feature phone. Untuk menunjukkan niatnya tersebut, Google bekerja sama dengan produk feature phone di India bernama Reliance JioPhone.

Google Assistant
Copyright ©Android Authority

Reliance JioPhone ditenagai oleh sistem operasi yang dinamakan KaiOS. OS tersebut berbasis Forefox OS dan telah memiliki asisten digital sendiri bernama HelloJio. Pelanggan operator seluler LTE India, Jio, bisa mendapatkan ponsel ini secara gratis dengan deposit, seperti yang dikutip dari Phone Arena, Rabu (6/12/2017).

Demi dapat menjalankan Google Assistant dalam ponsel JioPhone, Google harus melakukan kostumisasi pada asisten digitalnya agar dapat bekerja di layar feature phone yang hanya berukuran 2,4 inci dengan resolusi QVGA. Tampilan aplikasi Google Assistant di feature phone dikatakan bakal berbeda dari yang tampak pada perangkat smartphone. Selain itu ada beberapa fitur di smartphone juga tak bisa diimplementasikan di feature phone.

Baca Juga : File Go, Aplikasi File Manager Gratis Besutan Google Resmi Meluncur!

Akan tetapi Google mengatakan fungsi utama dari Google Assistant tidak bakal dihilangkan pada JioPhone. Meskipun terlihat lebih mirip sebagai uji coba, mungkin saja feature phone akan mendapatkan perintah suara pada masa yang akan datang.

Dikarenakan pasaran JioPhone hanya ada di kawasan Negara India saja, Google Assistant di feature phone kemungkinan baru akan tersedia pada Negara Bollywood tersebut. Tapi Google sendiri mengaku, negara-negara berkembang seperti India dan Indonesia adalah sosok inspirasi dalam memperluas produk besutannya.

Baca Juga : iPhone X Dapat Dukungan Khusus dari Google Maps!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here