Xiaomi Mi Pad Dilarang Dijual di Negara Eropa, Ada Apa?

0
709
Xiaomi Mi Pad 3
Copyright ©GSMArena

Xiaomi Mi Pad Dilarang Dijual di Negara Eropa, Ada Apa?

Oketekno.com – Perseteruan kembali terjadi antara kedua vendor smartphone dan tablet kelas atas, kali ini Xiaomi terlibat masalah merek dagang dengan pihak Apple. General Court Uni Eropa yang berada di Luksemburg, yang merupakan pengadilan paling tinggi di Negara Uni Eropa akhirnya memutuskan untuk membatalkan banding yang diajukan oleh pihak Xiaomi. Perusahaan asal Negeri Tirai Bambu tersebut telah mendaftarkan merek dagang mereka untuk tablet besutannya bertajuk Xiaomi Mi Pad.

Pembatalan banding yang diputuskan Pengadilan Uni Eropa tersebut dikarenakan merek dagang yang diusulkan oleh Xiaomi dinilai tidak ada bedanya dengan iPad besutan Apple, keputusan tersebut diambil untuk mencegah potensi membingungkan konsumen.

Simak Juga : Harga Xiaomi Mi Pad 2 Terbaru, Spesifikasi Kamera Selfie 5MP

“Perbedaan antara tanda-tanda pada permasalahan, yang berasal dari tambahan huruf “m” pada awal “Mi Pad” tidak cukup untuk mengimbangi kesamaan visual dan fonetik yang sangat tinggi antara tanda-tanda kedua produk,” tulis pihak General Court dalam pernyataan, seperti dilansir dari Reuters, Rabu (6/12/2017).

Xiaomi Mi Pad Vs iPad Mini
Copyright ©Averages

Menengok pada sejarahnya, penolakan yang diterima oleh Xiaomi ternyata bukan yang terjadi untuk pertama kalinya, diketahui pada tahun 2014 lalu Xiaomi telah mengajukan permohonan untuk merek dagang Mi Pad besutannya kepada pengadilan Uni Eropa.

Mengetahui permohonan yang diajukan Xiaomi, Apple langsung bereaksi dengan melaporkan kepada Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa dengan mengklaim bahwa konsumen akan menjadi bingung dan disesatkan, sehingga berasumsi bahwa Xiaomi Mi Pad adalah varian dari merek dagagng iPad besutannya.

Baca Juga : Harga Xiaomi Mi Pad 3 Terbaru Spesifikasi Kamera Selfie 5MP

Sementara itu, Xiaomi Mi Pad sendiri diperkenalkan pertama kali pada tahun 2014, perangkat tersebut memang mengusung spesifikasi yang hampir sama dengan iPad besutan Apple, baik itu dari segi material yang dipakai ataupun layar yang diusungnya.

“Produk tablet Apple dan Xiaomi tidak hanya terlihat sama, nama iPad dan Mi Pad pun sangat mirip. Kemiripan ini membingungkan baik dalam logat bahasa Inggri maupun non Inggris,” kata pengadilan Uni Eropa.

Meskipun telah diputuskan oleh pihak Uni Eropa, Xiaomi sendiri jika bersikukuh dengan merek dagang yang diusungnya masih bisa melakukan banding ke Pengadilan Tinggi setempat. Walaupun tidak dapat dipastikan langkahnya akan membuahkan hasil yang diinginkan perusahaan. Demikian seperti dilansir ZDNet, Kamis (7/12/2017).

Baca Juga : Xiaomi dan Lenovo Akan Besut Laptop dengan Prosesor Ponsel?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here