Cara Merawat Power Bank Agar Tidak Cepat Rusak!  

0
2063
EasyAcc Monster
Copyright ©EasyAcc

Cara Merawat Power Bank Agar Tidak Cepat Rusak!

Oketekno.com – Cara Merawat Power Bank – Hadirnya power bank merupakan salh satu terobosan baru untuk mengatasi kejadian pengguna smartphone yang kehabisan daya baterai dan tidak ada sumber listrik. Oleh karena itu saat ini power bank merupakan salah satu perangkat penting yang mendampingi smartphone untuk dibawa ketika bepergian.

Meski sudah hampir semua pengguna smartphone memilikinya, masih saja ada sebagian yang kurang begitu memahami bagaimana cara merawat power bank yang benar agar tidak cepat rusak. Dari rangkuman berbagai sumber, ada beberapa macam kerusakan yang terjadi pada power bank, seperti rusak kapasitas aslinya, baterai menggelembung, sampai dengan meledak.

Baca Juga : Baru, Begini Cara Membuka Kunci Layar Android dengan E-KTP!  

Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan tersebut, berikut kamu sampaikan cara merawat power bank agar tidak cepat rusak dan harus membeli lagi. Langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Harga KMASHI Power Bank 10.000 mAh Terjangkau Mirip Iphone

Tips merawat power bank yang pertama adalah jangan terlalu sering melakukan pengisian daya, hal tersebut tidak baik bagi power bank lantaran kebanyak perangkatnya diusung dengan baterai berjenis Li-Ion atau Lithium-Ion yang mempunyai daya tahan sampai dengan 500 kali pengecasan. Akan tetapi ada juga power bank yang menggunakan baterai berjenis Li-Pho atau Lithium Polimer yang mempunya ketahanan sampai 1.000 kali pengisian daya.

Selancjutnya, cara merawat power bank yang benar adalah biasakan mengisi power bank secara penuh, hal itu bertujuan agar daya power bank tidak cepat habis dan tidak terlalu sering di-cas lagi. Untuk melihat penuh atau belum kalian dapat cek lewat indikasi baterai yang biasanya berupa lampu ataupun layar.

Hiluckey 10000mAh Solar Power Bank
Copyright ©Hiluckey

Selalu segera lakukan pengisian power bank ketika daya masih diatas 20%-15%, hal itu bertujuan agar tidak merugikan power bank kalian. Selain itu, jangan melakukan pengisian baterai power bank secara berlebihan hingga terlewat waktu, terlebih bagi power bank murahan, kemungkinan tidak dilengkapi dengan fitur Over Charnging Protection yang dapat menahan daya ketika power bank sudah penuh, seperti power bank merek papan atas, Xiaomi dan Anker.

Simak Juga : Cara Menjalankan Aplikasi Multitasking di Android Dengan Mudah

Cara merawat power bank yang terakhir adalah dengan menjauhkannya dari suhu dingin. Ketika sedang dalam pengisian, hindari tempat yang tertutup seperti tas ataupun lemari. Karena, ketika power bank sedang dalam pengisian biasanya akan mengeluarkan suhu panas. Jika kalian simpan di tempat tertutup, kemungkinan power bank tidak mempunyai sirkulasi udara. Inilah hal yang membuat power bank kamu bocor dan baterainya cepat menggelembung.

Baca Juga : Cara Ubah Browser Android Jadi Mesin Waktu, Penasaran?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here