Ini Dia, Deretan Perusahaan Teknologi Ternama yang Pernah Digugat Karyawannya!

0
320
Copyright ©

Ini Dia, Deretan Perusahaan Teknologi Ternama yang Pernah Digugat Karyawannya!

Oketekno.com – Sudah menjadi hal biasa tindakan hukum dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya terkait suatu konflik. Namun lain halnya dengan tuntutan dari seorang karyawan kepada perusahaan dimana ia bekerja. Berikut ini 4 perusahaan teknologi yang pernah dituntut oleh karyawannya:

  1. Uber
Copyright©

Rupanya tidak hanya sekedar digugat oleh mantan karyawannya lantaran tudingan pelecehan s*ksual, namun perusahaan itu juga pernah dituntut oleh karyawannya. Ada tiga karyawan wanita melayangkan gugatan ke Pengadilan Tinggi California pada bulan Oktober 2017 lalu.

Seperti yang dilansir oleh Gizmodo, tiga karyawannya yang bernama Avendano, Roxana del toro Lopez, dan Ana Medina menggugat erusahaan jaringan transportasi asal San Francisco ini atas tudingan diskriminasi gender serta minoritas pekerja tertentu.

BACA JUGA: Harga Huawei Nova 2S dan Spesifikasi, Bawa Android Oreo 4 Kamera Lebih Tangguh

Tiga wanita itu mengaku kehilangan penghasilan, prmosi jabatan hingga bonus. Dari ketiga itu, hanya satu yang masih bertahan. Disatu sisi Uber sendiri enggan memberikan komentarnya. Namun pihaknya menyebut sudah melakukan tindakan untuk memastikan seluruh karyawannya mendapat gaji secara adil.

  1. Google
copyright ©livemint

Senasib dengan Uber, perusahaan tekologi ini pernah dituntut oleh tiga karyawan wanitanya dengan persoalan yang sama pula. Di lansir dari New York Times, mereka mengaku mendapatkan gaji yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan laki-laki.

Google merupakan pemimpin inovasi di dunia teknologi, namun perlakuan pada karyawan wanitanya seolah bukan di abad 21. Kasus ini memastikan keadilan bagi karyawan wanita,” Ungkap pengacara dari salah satu penggugat tersebut.

BACA JUGA: Sambut Harbolnas 2017, Toko Online Resmi Apple Muncul di Lazada Indonesia!

  1. Apple
Kantor Apple
Copyright©Mike Segar

Gugatan hukum karyawan terhadap perusahaan asal Amerika Serikat ini dilaporkan pada tahun 2014 silam oleh CNN Money. Dalam laporan itu, para pegawai menggugatnya karena mereka seolah dipakasa untuk bekerja lima jam tanpa ada itirahat makan dan juga tidak ada waktu ketika sift singkat.

  1. Samsung
Copyright ©phone arena

Perusahaan asal Negeri Ginseng ini pernah dituntut oleh karyawan terkait dengan masalah paten. Karyawan itu menuduh bahwa perusahaan tak memberikan kompensasi yang pantas atas sejumlah paten miliknya yang digunakan ketika berseteru dengan Apple.

Meski belum diketahui namanya, namun banyak media setempat mengindikasikan bahwa Samsung diminta untuk membayar kompensasi 200 juta won atau sekitar Rp 2,6 miliar. Paten yang dipermasalahkan itu menyangkut berbagai cara untuk melakukan encode dan decode dari beberapa akses sistem komunikasi. Nah itulah empat perusahaan teknologi yang pernah dituntut oleh karyawannya sendiri.

BACA JUGA: LG Siapkan Pemindai Iris Mata Untuk LG G7!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here