Cegah Penipuan, Ini 5 Cara Membedakan Akun Facebook Asli dan Palsu!

0
984
Copyright©fossbytes

Awas Penipuan, Ini 5 Cara Membedakan Akun Facebook Asli dan Palsu!

Oketekno.com –  Siapa yang tak mengenal sosok Facebook, aplikasi media sosial raksasa yang bisa diklaim sebagai yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, bahkan saat ini jumalah pengguna Facebook sudah tembus 2 miliar orang. Meskipun begitu, tentu saja tidak semua akun yang ada dalam aplikasi besutan Mark Zuckerberg tersebut merupakan akun asli, mungkin ada sebagian diantara teman Facebook kita merupakan akun palsu, lantas bagaiamana cara membedakan akun Facebook asli dan palsu? Berikut langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Untuk mencegah penipuan, tentunya akun facebook palsu bisa jadi menyebabkan bahaya tersendiri. Sedangkan cara membedakan akun facebook asli dan palsu kalian bisa lakukan 5 hal ini.

Baca Juga : Tips Cara Mengetahui dan Mengatasi Akun Facebook yang di Hack

Hal yang pertama perlu diperhatikan adalah melihat pada profil yang dipasang pada akun Facebook seseorang. Kalian dapat memastikan dengan mengeceknya lewat bantuan fitur pencarian foto Google. Caranya kalian tentu harus menyimpan foto itu di computer, lalu kalian bisa membuka halaman image.google.com. selanjutnya pilih logo kamera (pencarian bedasarkan gambar).

Facebook Garap Atom Dapat Digunakan di Web Browser ???
Copyright ©Engadget

Pilih gambar yang kalian simpan tadi kemudian drag ke kotak drop image dan lakukan penelusuran. Maka Google akan memeriksa foto tersebut, jika Google menampilkan situs-situs dewasa, sudah pasti akun tersebut palsu.

Baca Juga : Cara Membuat Video Kenangan ‘Year in Review’ 2017 di Facebook!

Hal yang selanjutnya harus dilakukan adalah dengan memeriksa kebanyakan akun facebook palsu menggunakan foto wanita cantik dan seksi, atau tidak pria tampan. Dengan begitu pengguna lain akan mengonfirmasi permintaan pertemanan mereka kemudian meruskan kepada obrolan chating pribadi. Nah, jika kalian dimintai pertemanan oleh akun Facebook dengan foto profil cewek cantik atau cowok ganteng yang ujung-ujungnya meminta sesuatu, maka berhati-hatilah jangan menuruti permintaanya.

Cara membedakan akun Facebook asli dan palsu yang ketiga adalah dengan mengecek beranda atau timeline dari akun yang dicurigai tersebut. Ketika mengecek timeline ternyata pengguna tersebut jarang memperbarui status dan tidak pernah membalas komentar satu pun, maka besar kemungkinan akun tersebut adalah palsu.

Facebook Akan Bisa Deteksi Lawan Chatting, Bagaimana?
Copyright ©Ubergizmo

Simak Juga : Mirip Facebook Messenger, Fitur DM Instagram Bakal Jadi Aplikasi Chatting Terpisah!

Setelah dilakukan penelitian, ternyata dari banyaknya akun palsu yang terdeteksi penggunanya memilih tanggal 1 Januari sebagai tanggal lahirnya. Hal itu berdasarkan alasan orang pengguna yang membuat akun palsu biasanya tidak mau repot mengatur tanggal lahir dan langsung saja memilih tanggal default, yakni 1 Januari.

Selanjutnya cara membedakan akun facebook asli dan palsu yang terakhir adalah dengan mengecek log aktifitas yang dilakukan oleh pengguna akun tersebut. Apabila pengguna tersebut hanya menambahkan teman baru serta mengajak untuk meyukai halaman, atau mungkin meminta untuk join grup tertentu, maka banyak prediksi akun tersebut adalah palsu yang ingin memiliki banyak teman sebagai tempat untuk mempromosikan barang ataupun jasanya.

 Baca Juga : Facebook Messenger Khusus Anak Resmi Diluncurkan, Ini Fitur yang Berbeda!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here