Awas, Charger Palsu iPhone Bisa Bikin Pengguna Tersengat Listrik!

0
881
Charger Palsu iPhone
Copyright©JailBreak

Awas, Charger Palsu iPhone Bisa Bikin Pengguna Tersengat Listrik!

Oketekno.com – Mungkin belum banyak mengetahui bahwa nyaris semua charger palsu iPhone dapat beresiko berbahaya, yakni penggunanya dapat tersengat aliran listrik. Hal tersebut diungkapkan oleh para peneliti ahli di Electrical Safety First yang belum lama ini telah melakukan melakukan penelitian mengenai charger dan kabel palsu pada perangkat besutan Apple tersebut.

Seperti yang dilansir dari The Inquirer, Senin (11/12/2017), para ahli yang melakukan penelitian dapat menyimpulkan bahwa 49 dari total 50 charger palsu iPhone yang beredar di pasaran Inggris dinyatakan gagal dalam uji tes keamanan.

Simak Juga : Begini Cara Charger Smartphone yang Benar Agar Baterai Awet!

Selain menguji keamanan, dilakukan juga uji kelayakan. Seperti yang diungkapkan 1 dari 3 charger palsu iPhone dinyatakan gagal dalam uji kelayakan. Sedangkan lebih dari separuhnya juga dinyatakan gagal dalam uji kelistrikan, yang mana berarti charger abal-abal tersebut dapat beresiko tinggi membuat pengguna iPhone akan tersengat aliran listrik.

Charger Palsu iPhone
Copyright©Arena

“Kami menguji berbagai charger palsu dan menemukan 98 persen dari charger palsu ini berpotensi menyebabkan sengatan listrik mematikan atau terbakar,” tulis Electrical Safety First dalam unggahan pada blog resminya.

Selain itu, ditemukan juga dalam pengujian internal kabel, lebih dati setengah dari charger palsu iPhone tersebut menggunakan komponen yang sama sekali tidak memnuhi standart kelayakan, tentu saja hal tersebut akan membahayakan pengguna, terlebih lagi jika menggunakan iPhone ketika sedang mengisi daya.

Baca Juga : Waduh, Pad Charger iPhone 8 Akan di Jual Terpisah?

“Hal ini sangat mengerikan, mengingat pengguna kerap kali menggunakan telepon sembari mengisi daya. Jika pengisian daya dibiarkan semalam, hal tersebut akan menimbulkan lebih banyak potensi bahaya.” Lanjut unggahan itu.

Sementara itu, jika menurut data perlindungan konsumen Trading Standards, charger palsu iPhone sangat membahayakan penggunanya, hal tersebut lantaran sesuai dengan harganya yang dijual murah dan bebas di pasaran.

Saat melakukan pengujian, lembaga tersebut memborong 400 charger palsu Apple dengan harga US$ 396 (sekitar Rp 5,3 jutaan). Diantara 400 charger tersebut dinyatakan bahwa 397 tidak menggunakan material pengantar listrik yang layak untuk melindungi pengguna dari sengatan listrik.

Baca Juga : Bahaya Terlalu Sering Ngecas Smartphone Dengan Charger Palsu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here