Wow, 2040 Robot Diprediksi Akan Gantikan Pekerjaan Manusia?

0
628
Copyright ©CNBC

Wow, 2040 Robot Diprediksi Akan Gantikan Pekerjaan Manusia?

Oketekno.com – Diprediksi, Robot akan menggantikan pekerjaan yang dilakukan oleh manusia. Salah satunya pekerjaan coding software di masa mendatang. Banyak peneliti dari Laporan Nasional Oak Ridge di Amerika Serikat yang sudah meramalkan akan hal ini.

Seperti yang dilansir oleh The Inquirer pada hari Selasa 12 Desember 2017, para peneliti itu meramalkan algoritma machine learning dan kecerdasan buatan akan mengambil alih pembuatan kode dari manusia.

Di sebuah makalah yang bertajuk “Will Human Even Write Code in 2040 and What Would That Mean fot Extreme Heterogeneity in Computing?” diuraikan, selama lebih dari dua dekade, coding dilakukan secara otonomos dan teknologi yang lainnya.

BACA JUGA: Dirikan Agama AI, Mantan Karyawan Google Ini Ciptakan Robot Tuhan!  

“Tren pemrograman memperlihatkan bahwa pengembangan software akan mengalami perubahan radikal di masa depan. Kombinasi antara machine learning, kecerdasan buatan, natural language processing, dan teknologi coding akan meningkat sedemikian rupa, sehingga pada 2040, kebanyakan kode software akan dibuat oleh mesin, bukan manusia,” Ujar para peneliti.

Copyright ©CNBC

Tentu saja ini menjadi kabar buruk bagi para programmer software yang selama ini berada di depan layar komputer. Kendati demikian, ini belum dianggap sebagai akhir bagi para programmer. Tentu saja mereka punya peran penting dalam hal melakukan pengawasan terhadap mesin dan Robot ketika melakukan coding.

BACA JUGA: Tips Menambah Robot Canggih Untuk Whatspp Android

“Mesin atau robot akan menuliskan kode di bawah arahan manusia sehingga hal tersebut memungkinkan manusia untuk lebih menikmati hidup, apalagi jika kita kesulitan membuat sistem,” Ucapnya lebih lanjut.

Sementara itu menurut analis lembaga Occupational Informastion Network, beberapa pekerjaaan yang nantinya bisa dilakukan oleh Robot. Bahkan sejak saat ini pun mereka bisa menggantikan pekerjaan manusia.

Dari laman Business Insider, ada sekitar 12 pekerjaan yang tak hanya mampu dilakukan oleh manusia saja. Diantaranya sebagai petani, pengukir, ahli robotic, tour guide, pemeriksa ansuransi property, ahli kimia, pegawai bea cukai, paramedic, agensi travel, petugas ATC, operator telepon, hingga petugas kantor Pos.

Akan tetapi pandangan dari venture capitalist Marc Andreesseen, fenomena ini memang biasa terjadi setiao 25 hingga 50 tahun, Namun faktanya tidak ada yang benar terjadi. Rupanya rumor Robot akan menggantikan pekerjaan manusia sudah terjadi sejak seratus tahun yang lalu.

BACA JUGA: Mirip Facebook Messenger, Fitur DM Instagram Bakal Jadi Aplikasi Chatting Terpisah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here