Awas, Aplikasi Keyboard Android Ini Bocorkan Data Puluhan Juta Penggunanya!

0
379
Aplikasi Keyboard Android
Copyright ©ai.type Keyboard

Awas, Aplikasi Keyboard Android Ini Bocorkan Data Puluhan Juta Penggunanya!

Oketekno.com – Kabar kurang sedap datang dari jajaran aplikasi keyboard Android, diketahui salahs satu aplikasi keyboard bernama ai.type Keyboard telah kebocoran data milik 31 juta penggunya. Seperti yang dikutip dari The InquireD, Selasa (12/12/2017), dinyatakan oleh peneliti keamanan di Kromtech Security Center, aplikasi keybord tersebut telah membocorkan data pribadi milik 31 juta penggunanya dengan menaruh pada server database yang tidak sepenuhnya aman besutan sang co-founder, Eitan Fitusi.

Dinyatakan dalam keterangan para peneliti, dayta peibadi pengguna yang bocor tersebut hanya akan berdampak kepada pengguna aplikasi keyboard Android saja, tidak termasuk pengguna yang memsang pada perangkat iOS besutan Apple.

Baca Juga : “Madhang.id” Aplikasi Buatan Kaesang Pangarep, Seperti Apa Sih?

Para peneliti juga menyatakan, usai mencoba menghubung sosok Eitan Fitusi, developer aplikasi keyboard Android tersebut langsung memberikan password pada database yang berisi kurang lebih 577 data milik penggunanya. Padahal sebelum dihubungi oleh para peneliti, database tersebut dibiarkan tanpa pengamanan yang dapat diakses oleh semua orang.

Aplikasi Keyboard Android
Copyright ©ai.type Keyboard

Data pribadi yang biasanya berisi tentang nama lengkap, alamat email, dan juga lokasi alamat rumah juga dapat diakses dengan mudah, atau mungkin malah data tersebut disalahgunakan oleh para pencuri dari server yang tidak aman tersebut.

Bukan hanya itu saja, nyaris seluruh data yang ada juga menyertakan perangkat yang digunakan lengkap beserta dengan nomor IME-nya. Jika disalahgunakan, maka nomor IME yang unik tersebut dapat dipakai untuk mengidentifikasi penggunanya.

Maka dari itu, bisa dikatakan aplikasi keyboard itu juga mengumpulkan data model perangkat, resolusi layar, hingga versi sistem operasi Android yang digunakan. Tidak hanya data perangkat, aplikasi keyboard Android ini juga mampu mengetahui operator yang dipakai, atau saat pengguna memakai WiFi, alamat IP hingga seluruh informasi akun Google termasuk foto profil yang digunakannya.

Baca Juga : Beberapa Aplikasi Ini Mampu Menghemat Kuota Internet Anda

Sekedar informasi tambahan, disebutkan peneliti keamanan Bob Diachenko, aplikasi keyboard Android tersebut tampaknya memiliki cukup banyak data meski bentuknya sangat sederhana.

“Ini menimbulkan pertanyaan, bagaimana sebuah aplikasi emoji dan keyboard mengumpulkan beragam data dari perangkat pengguna? Berdasarkan database yang bocor, aplikasi ini mengumpulkan segala hal, mulai dari data kontak hingga data lainnya. Hal ini sangat mengejutkan,” ungkap Diachenko.

Simak Juga : Mirip Facebook Messenger, Fitur DM Instagram Bakal Jadi Aplikasi Chatting Terpisah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here