Smartphone Kesayanganmu Tak Bisa Dicas? Ini Solusinya!

2
3309
Copyright©

Smartphone Kesayanganmu Tak Bisa Dicas? Ini Solusinya!

Oketekno.com – Jika smartphone digunakan untuk kerja, chatting, video call, hingga main game secara terus-menerus, tentunya akan membuat daya baterai cepat habis. Meski kamu memiliki ponsel dengan batarai kapasitas jumbo, sepertinya juga sering mengalaimi kehabisan baterai dan kembali diisi ulang.

Biasanya kalu kita menggunakan ponsel dalam jangka waktu lama, sering kali menemukan masalah. Salah satu masalah yang kerap di alami yakni gejala ponsel yang tak bisa di charge. Jika kamu mengalai hal seperti ini, jangan panik dulu ya. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar ponsel kasayanganmu bisa kembali di charge.

BACA JUGA: Harga Axioo M6 dan Spesifikasi, Smartphone Selfie Flashlight Hanya Sejutaan

Pertama, Lakukan Restart

Ini langkah paling awal yang bisa kamu coba dengan melakukan restart pada ponselmu. Bahkan cara ini diklaim lebih efektif untuk membantu dalam membesihkan cache yang sudah menumpuk pada RAM. Bukan tak mungkin sebuah ponsel cerdas tak bisa charge lantaran RAM terlalu penuh.

Copyright©

Kedua, Kalibrasi Baterai

Mungkin ada yang seperti ini? sudah mencoba me-restart namun tetap gagal. Langkah keduanya coba deh kalibrasi baterai. Dengan melakukan langkah ini, maka akan menstimulasi baterai agar kembali pada siklus awal. Selain itu, di saat bersamaan juga bisa digunakana untuk melakukan restart pada baterai meter smartphone yang mengalami eror.

BACA JUGA: Tips Mengatasi Smartphone Cepat Panas Saat Sedang Digunakan

Ketiga, Lakukan Pengecekan Adapter

Seandainya masih gagal juga, coba periksa adapter dan pastikan menggunakan adapter charge bawaan. Masih gagal juga? cobalah mengganti adapter dengan Ampere yang lebih besar.

Keempat, Cek Posrt USB

Penyebab smartphone tak bisa di charge salah satunya yakni arena debu pada port terlalu menumpuk. Untuk itu bersihkan dan kemudian tiup agar debunya bisa keluar. Atau bisa juga menggunakan tusuk gigi untuk mengembalikan posisi port USB jika longgar.

Kelima, Sumber Daya

Sebelumnya pastikan dulu kalau sumber daya yang digunakan memang memadai. Sebab jika lebih rendah daripada adapter, tentu saja ponsel yang dicas tak bisa terisi. Bahkan mengisi ulang dengan sumber daya rendah akan membuat perangkat kita cepat rusak.

Keenam, Menggunakan Dekstop Charger

Ini dia salah satu solusi yang biasa dilakukan oleh kebanyakan orang. Charger jenis ini juga bisa digunakan sebagai charge alternative. Nah itulah beberapa tips yang bisa dilakukan jika smartphone tak bisa di charge.

BACA JUGA: Smartphone Snapdragon 845, Akan Adopsi Quick Charge 4+!

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here