Smartphone Fingerprint di Layar Pertama akan Hadir di Tahun 2018!

0
453
Smartphone Fingerprint di Layar Pertama
Copyright ©Androidvillaz

Smartphone Fingerprint di Layar Pertama Hadir di 2018, Diusung Samsung?

OKETEKNO.COM – Kabar mengenai smartphone dengan teknologi fingerprint sensor pada layar memang sebelumnya ramai menjadi pembicaraan. Fitur canggih tersebut dikabarkan akan dibekalkan pada perangkat Samsung Galaxy S9 yang dirilis tahun 2018. Namun hal itu belum mendapat konfirmasi dari pihak Samsung. Kabar terbaru belakangan ini menyebutkan bahwa Smartphone Fingerprint di Layar pertama akan dihadirkan pada tahun 2018 mendatang, smarthone apakah ?

Perusahaan pengembang teknologi sensor sidik jari (fingerprint) optik pada smartphone yakni Synaptics bahkan membagikan informasi terkait teknologi fingerprint dibawah layar yang akan dibenamkan dalam smartphone pertama kalinya. Usut punya usut, Smartphone Fingerprint di Layar ini bakalan mejeng dalam event bergengsi yakni ajang pameran teknologi CES (Consumer Electonics Show) 2018 yang akan digelar pada 7-12 Januari 2018 di Las Vegas, Amerika Serikat.

Baca Juga Samsung Miliki Paten Sensor Fingerprint Pada Layar!

Jika kita flashback pada penghujung tahun 2016 silam, Synaptics sempat memperkenalkan teknologi pemindai sidik jari dimana diletakkan dibawah layar OLED. Sensor yang ditanamkan tersebut adalah Clear ID FS9500 dimana bekerja bersama layar OLED. Ketika diaktifkan maka teknologi sensor fingerprint tersebut menggunakan panel untuk dapat menerangi sidik jari serta selanjutnya memproses sinar cahaya yang memindai sidik jari pengguna. Lantas akan seperti inikah konsep kinerja Smartphone Fingerprint di Layar pertama kalinya ?

Sementara itu Synaptics sendiri mengklaim bahwa sensor tersebut dapat bekerja dibawah komponen layarnya dengan ketebalan mencapai 1.5 mm. Bahkan sensor tersebut tetap dapat bekerja meskipun layar berada dibawah pelindung seperti kaca pelindung layar OLED atau cover glass.

Smartphone Fingerprint di Layar Pertama
Copyright ©Androidvillaz

Sementara untuk faktor keamanan, Synaptics sendiri mengungkapkan bahwa Clear ID FS95000 ini mampu menjanjikan perlindungan keamanan yang serupa dengan pemindai sidik jari FS9100 yang banyak digunakan dalam smartphone saat ini salah satunya adalah pada perangkat seri Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus. Selain itu Synaptics juga mengungkapkan bahwa Clear ID FS95000 akan dibuat dengan teknologi lebih tinggi sehingga memungkinkan untuk lebih tahan terhadap kotoran dan kelembaban lantaran akan di-seal antara layar OLED dan bodi smartphone.

Sejumlah pihak bahkan membuat prediksi bahwa Samsung melalui Galaxy S9 akan menghadirkan teknologi ini. Samsung Galaxy S9 digadang-gadang menjadi Smartphone Fingerprint di Layar pertama yang dirilis di pasaran. Namun sayangnya vendor asal Kkorea Selatan telah membuat pengumuman bahwa pihaknya tidak akan memperkenalkan GalaxyS9 series pada ajang CES 2018.

Baca Juga Samsung Hadirkan ‘Galaxy Note 9’ Bekali Fingerprint Sensor di Layar, Benarkah?

Dengan demikian bukan vendor Samsung yang pertama kali menghadirkan Smartphone Fingerprint di Layar. Rumor yang beredar mengungkapkan bahwa vendor Vivo yang siap mengadopsi teknologi ini pertama kalinya. Hal itu dikarenakan beberapa waktu lalu pabrikan ponsel asal Tiongkok tersebut dan Qualcomm telah ‘mengintip’ prototype untuk teknologi fingerprint dibawah layar yang memang dikembangkan Synaptics ini.

Terlepas dari vendor smartphona mana yang akan menghadirkan Smartphone Fingerprint di Layar pertama kalinya, entah itu Samsung atau Vivo tentunya perangkat ponsel cerdas ini siap menjadi trend terbaru selain trend dual kamera dan layar Fullview saat ini. Untuk itu, kita tunggu saja perkembangan kabar terbaru terkait teknologi pemindai sidik jari dibawah layar oleh Synaptics ini.

Baca Juga Fingerprint Sensor di Layar Sebabkan Masalah Kecerahan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here