Cara Cek Kecepatan Internet Android Secara Real Time!

0
380
Cara Cek Kecepatan Internet Android
Copyright©aSETKITA

Cara Cek Kecepatan Internet Android Secara Real Time!

Oketekno.com – Cara Cek Kecepatan Internet Android – Pada jaman sekarang ini, internet sudah merupakan kebutuhan utama, terlebih bagi para perusahaan yang sepenuhnya bergantung dengan mengandalkan koneksi internet, ketika koneksi melambat atau bahkan terputus maka produktifitas pun akan terganggu. Selain perusahaan, Internet juga tidak dapat dilepaskan dari kehidupan modern masyarakat masa kini.

Bukan hanya ponsel pintar atau smartphone, kini dengan mengusung program Internet of Things (IoT) menjadikan segala perangkat yang ada di sekitar kita sudah mendapatkan kemanfaatan dari canggihnya koneksi internet, namun kecepatan internet tersebut juga memiliki kelas atau tingkatan tersendiri untuk mengakses dunia maya.

Simak Juga : Baru, Begini Cara Hack DNS Agar Internet Makin Kencang!

Berbicara mengenai kecepatan internet, khusus untuk pengguna Android, tentu kamu pasti pernah mengalami bagaimana rasanya ketika internet lemot dan sulit untuk mengakses web ataupun bermain game online yang membutuhkan koneksi jaringan internet yang stabil. Nah, sehubungan dengan hal tersebut, kami akan menyampaikan cara cek kecepatan internet Android secara real time.

Cara Cek Kecepatan Internet Android 2
Copyright©Network Speed – Monitoring

Untuk dapat mengetahui kecepatan internet pada smartphone Android, kita membutuhkan bantuan aplikasi yang bernama Network Speed – Monitoring. Bukan hanya memiliki kemampuan untuk mengetahui kecepatan download dan upload paket data atapun jaringan WiFi. Lantas bagaimana langkah-langkah cara cek kecepatan internet Android secara real time? Langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.

Langkah pertama cek kecepatan internet Android tentunya adalah mendownload aplikasi Network Speed – Monitoring di Google Play Store secara gratis Cuma-Cuma. Mengenai tugasnya, seperti yang sudah dijelaskan tadi fungsi aplikasi besutan Evozi itu.

Baca Juga : Baru, Begini Cara Menyembunyikan Pesan di WhatsApp!

Apabila sudah selesai download dan terpasang pada smartphone, kamu bisa membuka Network Speed -Monitoring. Pada layar pembuka kamu bisa melewati langkah dengan tap tombol Skip atau swipe ke kanan untuk mengetahui informasi dan tap tombol Done.

Cara Cek Kecepatan Internet Android 3
Copyright©Network Speed – Monitoring

Selanjutnya, pada tampilan utama kamu akan diberikan bagan kecepatan internet yang digunakan smartphone Android kamu, baik download dan upload. Ada juga informasi mengenai kecepatan internet saat ini, kecepatan internet tertinggi dan jaringan apa yang sedang dipakai.

Sementara untuk masuk pada menu pengaturan, kamu bisa juga tap ikon Setting pada pojok kanan atas untuk mengatur Notification Bar, Floating Widget, Usage Monitoring dan Show in Quick Setting untuk pengaturan tambahan lainnya.

Simak Juga : Begini Cara Membaca Pesan WhatsApp Tanpa Diketahui Pengirim!

Kamu juga bisa melakukan tap ikon tiga baris pada pojok kiri atas untuk opsi tambahan. Misalnya seperti Detailed Info untuk mengetahui penggunaan kuota internet setiap harinya. Atau juga menu App Statistics yang berfungsi untuk mengetahui penggunaan internet pada tiap-tiap aplikasi yang berjalan.

Nah, demikian tadi sedikit Tips dan Trik mengenai cara cek kecepatan internet Android secara real time dengan menggunakan aplikasi Network Speed – Monitoring. Jadi dengan adanya aplikasi tersebut kamu tidak perlu khawatir lagi apabila ketemu dengan jaringan yang lemot. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca Juga : Work, Begini Cara Mengembalikan Pesan WhatsApp yang Terhapus!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here