Waduh Bisa Bikin Budeg? Bahaya Mana Headphone atau Earphone?

0
602
Copyright ©Fimela

Waduh Bisa Bikin Budeg? Bahaya Mana Headphone atau Earphone?

Oketekno.com –  Salah hal yang merupakan aktivitas paling menyenangkan tak lain adalah mendengarkan musik. Bahkan sebagian orang melakukan aktivitas ini setiap hari. Mulai menemani untuk berolahraga, atau ketika sedang bersantai di rumah. Untuk mendapatkan suara yang jelas, kebanyakan orang menggunakan Headphone atau Earphone. Apakah kamu tahu jika terlalu sering menggunakan kedua alat ini menimbulkan dampak negative bagi kesehatan telinga.

Bahkan dalam jangka waktu panjang alat ini bisa membuat telingamu tuli. Aduuh ngeri ya, lantas manakah yang lebih bahaya? Penasaran? Yuk langsung simak ulasan berikut ini.

Secara umum kedua benda untuk mendengarkan musik ini bisa dibedakan berdasarkan dari bentuknya. Seperti yang kita ketahui, Headphone sendiri memiliki ukuan cukup besar. Bahkan saat kita menggunakannya, alat ini hampir menutupi seluruh telinga dan kepala.

BACA JUGA: Cara Mudah Kunci Smartphone Android Hanya dengan Mengetuk Layar 2 Kali! Intip Yuk!

Dengan bentuknya yang cukup besar, kerap kali kita jumpai digunakan oleh orang penikmat musik di Smartphone, gamer, hingga kalangan profesional lainnya.

Copyright ©Swiftformer

Sedangkan earphone sendiri berukuran lebih kecil dan alat ini pas ketika ditempelkan pada lubang telinga. Ada dua tipe yakni earbud dan in-ear yang lebih masuk kedalam lubang telinga. Lantaran ukurannya yang kecil, ia sangat digemari oleh orang-orang yang suka praktis.

BACA JUGA: Berbekal Kamera 13 MP dan RAM Gede, 5 Smartphone Ini Harganya Cuma 1 Jutaan!

Lantas bahaya mana Headphone atau Earphone? Jika membicarakan hal ini tentunya kedua alat terebut memiliki tingkat bahaya yang sama. Mulai dari kerusakan pendengaran permanen, hingga kehilangan pendengaran dan kerusakan saraf otak.

Sebab ketika mendengarkan melalui kedua alat tersebut, suara akan langsung menuju gendang telinga sehingga meningkatkan tekanan di dalamnya. Bahkan membuat produksi kotoran di telinga semakin meningkat.

Tak hanya itu saja, kelembapan yang naik tentunya akan beresiko mendatangkan penyakit telinga yang sangat berbahaya. Lantas lebiih bahaya mana?.

Ya, ternyata Earphone dianggap lebih berbahaya lantaran kontak langsung dengan lubang telinga. Hal tersebut juga dikarenakan suara akan lebih kedap dan tekanan langsung ditujukan langsung pada lubang telinga.

Nah untuk itu, lebih baiknya kamu pilih menggunakan Headphone. Namun perlu diingat ya guys, pilihlah tipe headphone eover-ear agar tak menimbulkan tekanan berlebihan terhadap gendang telinga. Selain itu diperhatikan volume musik yang dengarkan tidak lebih dari 80 dB. Itulah sedikit ulasan mengenai bahaya Headphone atau Earphone bagi kesehatan telinga.

BACA JUGA: Harga Sharp Aquos Sense Basic dan Spesifikasi, Smartphone Oreo Tahan Banting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here