Distribusi Android Oreo Kok Tak Semanis Julukannya? Kenapa Ya?

0
970
Copyright ©IMOBDEV

Distribusi Android Oreo Kok Tak Semanis Julukannya? Kenapa Ya?

Oketekno.com – Genap satu bulan usai di luncurkan, distirbusi sistem operasi Android Oreo versi 8 tidak semanis dengan namanya. Rupanya OS ini tercatat belum mencapai angka satu persen.

Berdasarkan dari sebuah data yang dirilis oleh Google dalam web developer Android, rupanya distributor sistem operasi tersebut baru mencapai 0,5 persen. Penghimpunan angka ini dilakukan selama satu minggu berdasarkan perangkat yang sudah mengakses Play Store per tangga 4 Desember hingga 11 Desember 2017 lalu.

Walau mendapatkan hasil yang cukup rendah, namun pihak distribusi mengalami kenaikan jika dibandingkan pada bulan November lalu. Seperti yang diketahui, sebelumnya perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkekhususan pada jasa dan produk Internet tersebut sudah menghimpun data dengan metode yang sama.

BACA JUGA: 9 Hari Lagiii! Huawei Enjoy 7S Resmi Meluncur dengan Berbekal Android Oreo Plus Dual Kamera!

Kala itu pihak distribusi OS hanya berada pada angka 0,3 persen saja dari keseluruhan jumlah total. Selumnya sistem operasi ini diketahui baru akan terinstal pada ponsel produksi Google yakni Pixel 2.

Copyright ©techadvisor

Namun kali Android Oreo mulai merambah ke smartphone lain seperti HTC 11 dan U11 Life. Rupanya Sony pun sudah menerapkan OS tersebut untuk mereka bekalkan pada dua perangkat terbarunya yakni Xperia XZ, ZXs, dan X.

BACA JUGA: Harga Huawei Nova 2S dan Spesifikasi, Bawa Android Oreo 4 Kamera Lebih Tangguh

Sementara untuk ponsel produksi dari sejumlah vendor lain seperti OnePlus, LG, dan Essential, baru-baru ini diketahui meluncurkan program Android 8.0 beta. Dengan begitu, besar kemungkinan angka distributor Oreo akan mengalami peningkatan yang baik.

Namun beda halnya dengan 7.0 Nougat yang naik sebesar 11,7 persen menjadi 19,3 persen. Sementara untuk yang versi 7.1 mengalami kenaikan satu poin menjadi empat persen.

Walaupun tetap menjadi penguasa, namun Marshmallow mengalami penurunan 1,2 persen menjadi 29,7 persen. Rupanya penuruna juga dialami oleh Lolipop sebanyak 1,5 persen menjadi 27,3 persen. Namun penurunan ini dinilai wajar-wajar saja, lantaran pengguna dipastikan meninggalkan versi lama dan beralih ke versi baru.

Bicara tentang OS, kompetitor Android, iOS juga merilis sistem operasi terbarunya yakni iOS 11. Jika dibandingkan dengan sistem operasi iOS 11, distribusi OS Android Oreo tergolong cukup lama.

Semenjak dirilis, distribusi OS besutan Apple itu mencapai 52 persen. Namun angka ini masih kalah dengan peluncuran generasi 10. Sebab adopsi iOS diperangkat lama malah menimbulkan banyak masalah.

BACA JUGA: Asus Zenfone 4 Kebagian Cicipi Android Oreo Lho, Mulai Kapan ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here