Saingi Face ID, Fitur Clear ID Andalkan Sensor Pemindai Sidik Jari Pada Layar Siap Meluncur!

0
1531
Clear ID Vs Face ID
Copyright ©Digital

Saingi Face ID, Fitur Clear ID Andalkan Sensor Pemindai Sidik Jari Pada Layar Siap Meluncur!

Oketekno.com – Sensor biometrik Face ID yang menjadi salah satu fitur andalan pada iPhone X dan Touch ID pada model lainnya tampaknya akan segera mendapatkan tantangan serius dari para pesaing perusahaan Apple. Pasalnya, mereka dikabarkan sedang menyiapkan sensor biometrik lain untuk menandingi kemampuannya. Seperti perusahaan Synaptics yang baru saja mengumumkan sedang menyiapkan sensor pemindai sidik jari yang terintegrasi dengan layar ponsel buatan salah satu dari 5 pabrikan besar ponsel. Sensor pemindai sidik jari tersebut dinamakan dengan Clear ID FS9500.

Teknologi baru besutan Synaptics tersebut direncanakan akan memulai debut perdananya lewat pagelaran pameran teknologi CES 2018 di Las Vegas, Amerika Serikat, pada awal tahun 2018 mendatang. Akan tetapi nama pabrikan besar ponsel yang bakal mengadopsinya tidak diungkapkan secara jelas.

Simak Juga : Face ID Milik iPhone X Tak Lebih Baik Dari Milik Huawei?

Walaupun begitu, tidak sulit untuk menebak pabrikan mana yang mengadopsi Clear ID FS9500. Dalam siaran persnya, petinggi Synaptics Kevin Barber menyebutkan soal Infinity Display, yang tidak lain ada teknologi layar buatan Samsung, yang merupakan pesaing abadi Apple.

Clear ID Vs Face ID
Copyright ©Digital

Fitur baru yang mengusung sensor Clear ID itu diklaim lebih cepat, lebih aman, dan sangat nyaman digunakan dibandingkan dengan teknologi pengenalan wajah 3D atau Face ID besutan Apple. Bahkan mereka sesumbar otentifikasi teknologi ini bisa diaktifkan langsung di layar sentuh smartphone dan aktif saat diperlukan.

Sebelum ramai kabar hadirnya fitur Clear ID ini, Apple sempat dirumorkan tengah mengembangkan sensor Touch ID untuk diintegrasikan di layar iPhone baru tahun ini. Bahkan mereka sudah menyiapkan paten-paten terkait teknologi tersebut.

Baca Juga : Apple Cibir Fitur Face ID ‘Jiplakan’ Milik Android Jelek!

Akan tetapi hal tersebut akhirnya tidak terbukti dengan kenyataan yang ada. Pasalnya, Apple lebih memilih untuk menyematkan Face ID ketimbang Touch ID pada sosok iPhone X. Dipilihnya Face ID sendiri bukan tanpa pertimbangan dan alasan. Sudah berdasarkan riset dan pengembangan, fitur Face ID diklaim jauh lebih superior daripada Touch ID dengkat tingkat keamanan 1:1.000.000 berbanding 1:50.000.

Kehadiran Clear ID tentunya akan membuat peta persaingan di industri ponsel bakal semakin panas. Namun apakah benar Clear ID dapat menandingi Face ID? Kita lihat saja performanya tahun depan saat keduanya nanti dibandingkan kehandalannya.

Baca Juga : Antusias Apple Saat Pamerkan Face ID dan Portrait Lighting pada iPhone X!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here