Bukan Samsung, Ini Vendor yang Pertama Adopsi Fitur ‘Clear ID’ Sensor Pemindai Sidik Jari pada Layar!

0
466
Clear ID Vs Face ID
Copyright ©Digital

Bukan Samsung, Ini Vendor yang Pertama Adopsi Fitur ‘Clear ID’ Sensor Pemindai Sidik Jari pada Layar!

Oketekno.com – Sensor biometrik Face ID yang menjadi salah satu fitur andalan pada iPhone X dan Touch ID pada model lainnya tampaknya akan segera mendapatkan tantangan serius dari para pesaing perusahaan Apple. Pasalnya, mereka dikabarkan sedang menyiapkan sensor biometrik lain untuk menandingi kemampuannya. Seperti perusahaan Synaptics yang baru saja mengumumkan sedang menyiapkan sensor pemindai sidik jari yang terintegrasi dengan layar ponsel buatan salah satu dari 5 pabrikan besar ponsel. Sensor pemindai sidik jari tersebut dinamakan dengan Clear ID FS9500.

Teknologi baru besutan Synaptics tersebut direncanakan akan memulai debut perdananya lewat pagelaran pameran teknologi CES 2018 di Las Vegas, Amerika Serikat, pada awal tahun 2018 mendatang. Akan tetapi nama pabrikan besar ponsel yang bakal mengadopsinya tidak diungkapkan secara jelas.

Simak Juga : Face ID Milik iPhone X Tak Lebih Baik Dari Milik Huawei?

Walaupun begitu, banyak yang sudah menebak pabrikan mana yang pertama kali akan mengadopsi fitur Clear ID FS9500. Dalam siaran persnya, petinggi Synaptics Kevin Barber menyebutkan soal Infinity Display, yang tidak lain ada teknologi layar buatan Samsung, yang merupakan pesaing abadi Apple.

Namun ternyata tebakan banyak orang tersebut ternyata salah, perusahaan smartphone asal Tiongkok akan menjadi vendor pertama yang menanamkan sensor sidik jadi pada layar adalah Vivo, yang bertekat untuk mengalahkan kedigdayaan Samsung dan Apple. Dengan begitu, Vivo diprediksi akan meninggalakan sensor sidik jadi fisik untuk beralih pada sensor yang tertanam pada layar atau Clear ID kepada smartphone flagship andalannya nanti.

fitur Clear ID FS9500
Copyright ©Twitter / Patrick Moorhead

Hal itu seperti yang diungkapkan oleh seorang analis Patrick Moorhead, lewat tulisan artikel di Forbes mengenai pengalaman dalam menggunakan smartphone yang masih belum resmi dirilis tetapi sudah mengadopsi fitur Clear ID tersebut.

Baca Juga : Apple Cibir Fitur Face ID ‘Jiplakan’ Milik Android Jelek!

Pernyataan Moorhead dituliskan usai pembuat touchpad Synaptics mengumumkan bahwa mereka telah sukses menciptakan sensor sidik jari yang terintegrasi dengan layar dengan nama Clear ID. Bahkan, pihaknya juga menyebutkan bahwa smartphone dengan fitur itu telah mulai diproduksi secara massal oleh salah satu dari 5 besar produsen smartphone ternama.

Synaptics memang tidak menyebutkan siapa tepatnya perusahaan tersebut, tapi spekulasi muncul bahwa perusahaan itu adalah selain Apple, yakni bisa jadi Samsung, Huawei, Xiaomi atau Oppo dan bukannya Vivo yang justru sebenarnya telah terpilih menjadi vendor pertama yang mengadopsi fitur Clear ID.

Baca Juga : Saingi Face ID, Fitur Clear ID Andalkan Sensor Pemindai Sidik Jari Pada Layar Siap Meluncur!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here