Cara Mengaktifkan Safe Mode Android, Ini Fungsinya!

0
872

Ini Fungsi dan Cara Mengaktifkan Safe Mode Android!

Oketekno.com – Android adalah salah satu sistem operasi yang diciptakan oleh sosok bernama Andy Rubin, namun telah diakuisisi oleh Google. Kabar kurang baik sebelumnya, Andy Rubin sang pencetus Android diberitakan tengah terjerat kasus pelecehan dengan pegawai wanitanya, hingga akhirnya sang ‘Bapak Android’ tersebut dipindahkerjakan.

Kembali lagi ke masalah Android yang sudah menjadi sistem operasi paling populer di dunia sekaligus os yang dapat diubah atau lebih dikenal dengan ‘dioprek’ dalemannya sesuai dengan kemauan. Jika kalian memiliki spesifikasi smartphone Android menengah atas tapi terkadang merasa lemot, makasalah satu cara mengatasinya adalah dengan mengakses safe mode.

Simak Juga : Begini Cara Merubah Website Menjadi Aplikasi Android!

Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan cara mengaktifkan safe mode Android dengan mudah pada semua smartphone. Namun sebelumnya, jika kalian masih kurang mengerti apa itu sebenarnya fitur Safe Mode. Fitur Safe Mode pada smartphone Android mungkin pernah kamu dengar sebelumnya. Hal itu lantaran fitur seperti ini juga bakal kamu temui pada komputer dengan sistem operasi Windows.

Saat kamu memasuki Safe Mode Android, sistem operasi akan mematikan semua fungsi aplikasi tidak penting alias pihak ketiga dan hanya menjalankan aplikasi bawaan saja. Hal ini jelas dapat meringankan kerja smartphone.

Untuk lebih jelasnya, fitur Safe Mode Android akan mempermudah kamu dalam mengetahui berbagai masalah smartphone. Mulai dari boros baterai, cepat panas atau terasa lemot. Lantas bagaimana cara mengaktifkan safe mode Android? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Simak Juga : Cara Mudah Kunci Smartphone Android Hanya dengan Mengetuk Layar 2 Kali! Intip Yuk!

Cara Mengaktifkan Safe Mode pada Samsung Galaxy

Untuk dapat mengakses pada perangkat Samsung Galaxy agak berbeda dengan smartphone kebanyakan. Cara ini pun juga berlaku pada beberapa smartphone HTC dan Motorola. Langkah pertama yaitu tekan dan tahan tombol Power. Selanjutnya pilih opsi Power off untuk mematikan smartphone.

Copyright ©DifitalPrice

Baca Juga : Cara Cek Kecepatan Internet Android Secara Real Time!

Kemudian nyalakan kembali dengan menekan dan menahan tombol Power hingga muncul logo _bootin_g. Selanjutnya lepas tombol Power, tan langsung tekan dan tahan tombol Volume Down. Tahan sampai smartphone benar-benar menyala. Sama seperti cara sebelumnya, akan muncul watermark “Safe Mode” pada pojok kiri bawah saat smartphone digunakan.

Cara Mengaktifkan Safe Mode pada Android Stock

Apabila kamu memiliki smartphone yang membawa tampilan Android Stock seperti Google Pixel, Nexus dan sebagainya bisa menggunakan cara di bawah ini. Cara ini juga berlaku untuk smartphone LG dan Sony. Pertama tekan dan tahan tombol Power. Selanjutnya akan muncul pilihan untuk Restart dan Power off smartphone.

Copyright ©JalanTikus

Tap dan tahan opsi Power off hingga muncul tampilan pop-up Reboot to safe mode. Pilih OK untuk melanjutkan proses. Smartphone akan otomatis melakukan restart dan masuk ke Safe Mode. Tandanya kamu akan menemukan watermark “Safe Mode” pada pojok kiri bawah layar.

Nah, itulah tadi sedikit Tips dan Trik yang membahas mengenai cara Mengaktifkan fitur safe mode Android yang dapat kalian coba. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Mau Tau Caranya Ubah Smartphone Android Jadi Penggaris? Intip Yuk!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here