Bikin Resah, Facebook Mulai Berantas Pengemis ‘Like’ dan ‘Share’!

0
736
Copyright©fossbytes

Facebook Mulai Musnahkan Postingan Engagement dan Click Bait dari Lini Masa!

Oketekno.com – Postingan di media sosial Facebook yang cenderung memaksa pengguna untuk melakukan tindakan seperti menyukai (like), membagikan (share), mengomentari (comment), dan menandai teman (tag), perilaku tersebut biasa dinamakan dengan spam, atau yang lebih tepatnya ‘engagement bait’.

Sebagai salah satu contohnya adalah kuis atau foto yang diberikan embel-embel di dalamnya ‘tag a friend who likes to nap!’ (tandai teman kamu yang suka tidur). Tentu sering postingan semacam itu muncul di linimasa Facebook kita, bahkan menjadi yang teratas, alias Top Post. Dengan begitu secara otomatis postingan tersebut akan mengalahkan unggahan orang yang memang berniat baik, seperto melakukan penggalangan dana, meminta rekomendasi perjalanan, ataupun meminta bantuan yang sebenearnya tidak sulit.

Baca Juga : 5 Cara Melindungi Akun Facebook dan Instagram Agar Tidak Diretas!

Sehubungan dengan hal tersebut, pihak Facebook akhirnya memberikan terobosan dengan berinisiasi mereduksi postingan yang bersifat Engagement bait dari lini masa media sosialnya mulai minggu ini. Aplikasi media sosial terbesar besutan Mark Zuckerberg tersebut memanfaatkan Machone Learning (ML) guna mendeteksi postingan tersebut.

facebook payment
Copyright ©PCWorld

Apabila sebuah akun atau Page berulang kali mengunggah hal-hal yang menjurus ke perlikau engagement bait, maka secara otomatis Facebook akan memblokirnya selama beberapa minggu. Hukuman itu masih bersifat sementara, untuk mengedukasi sekaligus memberi ruang adaptasi bagi pengguna.

Simak Juga : Mengejutkan, Akun Bos Facebook Mark Zuckerberg Akhirnya Bisa Diblokir!

“Ke depan, kami akan terus mencari cara untuk meningkatkan layanan kami dan memberantasi engagement bait. Kami ingin mereduksi konten-konten yang bersifat spam, sensasional, atau palsu, dalam rangka mempromosikan konten yang lebih bermakna dan otentik di FB” ungkap perwakilan Facebook, sebagaimana dihimpun Kompas, Selasa (19/12/2017), dari TheVerge.

Elalui beberapa proses tahapan, pihak FB berjanji kepada pengguna setianya untuk memusnahkan para akun penyebar engagement bait secara perlahan dan bertahap, sehingga tidak aka nada lagi postingan yang menggangu di deretan Top Post. Selain itu, FB juga akan melakukan pengkajian algoritma miliknya secara berkala agar tidak lagi bersahabat dengan konten yang berbau click baitu, video spam, ataupun postingan sampah lainnya.

Baca Juga : Facebook Rilis Fitur ‘Pemblokir’ Status Teman Selama 1 Bulan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here