Ini Syarat Wajib Facebook Hingga Google Jika Ingin Beroperasi di China Lagi!

0
495
Facebook Google
Copyright ©Advertising

Facebook dan Google Cs Wajib Penuhi Syarat Ini Jika Ingin Beroperasi di China!

Oketekno.com – Selain dikenal sebagai Negara yang mempunya banyak vendor teknologi smartphone yang maju, China juga dikenal sebagai salah satu Negara yang memang memberikan peraturan keras terhadap keamanan cyber atau jeringan internet. Bahkan Negara yang berjuluk Negeri Tirai Bambu tersebut tidak segan-segan memblokir aplikasi ataupun layanan media sosial yang dianggap mengancam keamanan negaranya, sebut saja Facebook, Twitter, WhatsApp, Instagram bahkan sampai dengan mesin pencari raksasa internet Google juga dilarang beroperasi.

Selain mencekal beberap aplikasi dan layanan yang telah disebutkan diatas, China juga melarang sejumlah situs berita Barat untuk dapat diakses oleh rakyatnya. Walaupun begitu, China yang selalu mengutamakan penduduknya tersebut menggiurkan dari sisi bisnis tetap menjadi incaran dari beberapa perusahaan teknologi yang dicekal tersebut.

Simak Juga : 5 Cara Melindungi Akun Facebook dan Instagram Agar Tidak Diretas!

Bahkan sejumlah perusahaan teknologi tersebut nekat melakukan berbagai cara ditempuh demi meluluhkan hati pemerintah China agar aplikasi atau layanannya dapat beroperasi disana. Terkait dengan hal tersebut, China baru baru ini telah mengeluarkan syarat baru jika layanannya ingin diakses setidaknya oleh 751 juta pengguna internet di China.

Facebook Google in China
Copyright ©Ping

Syarat tersebut yakni Facebook dan Google Cs harus menerima penyensoran Negara dan undang-undang yang berlaku, seperti yang disampaikan oleh Qi Xiaoxia, Direktur Jenderal Biro Kerjasama Internasional di Cyberspace Administration of China (CAC) dalam sebuah konferensi di Jenewa.

“Jika mereka ingin kembali, silahkan. (Tetapi) mereka harus mematuhi hukum dan peraturan China. Itu yang perlu ditekankan. Mereka juga tidak boleh membahayakan kepentingan keamanan nasional dan kepentingan konsumen nasional,” jelas Xiaoxia.

Baca Juga : Beranda Facebook Akan Segera Kebanjiran Konten Video, Ada Apa?

Pada tahun 2016 lalu, pemerintah China juga meperketat keamanan dan peraturan siber pada negaranya, yang mana mewajibkan setipa perusahaan menyimpan data secara lokal dan alat sensor yang memungkinkan pengguna menumbangkan Great Firewall dengan membloki berbagai situr, diantaranya termasuk Facebook dan Google.

Bukan hanya Facebook dan Google saja, perusahaan teknologi yang terkenal dengan kemewahannya yakni Apple juga beroperasi secara terbatas di negeri China. Meskipun begitu, Apple sendiri bisa beroperasi karena mematuhi permintaan China salah satunya menghapus puluhan aplikasi pesan instan dan virtual private networks (VPN) di App Store China. Demikian seperti dilansir Reuters, Rabu (20/12/2017).

Baca Juga : WhatsApp Dilarang Berbagi Data Pengguna dengan Facebook, Ada Apa?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here