Seputar Overclock Android

0
8647
Overclock Android

OKETEKNO.COM | Tidak jarang kita menjumpai munculnya istilah tentang Overclock terlebih lagi bagi anda yang lebih sering berinteraksi dengan perangkat komputer. Lalu apakah overclock itu? Aman ataukah berbahaya? Dan akankah perangkat gadget semisal smartphone yang notabene menggunakan operating sistem mobile seperti Android bisa terkena overclock? Dan apa dampaknya? Mungkin beberapa pertanyaan tersebut sering muncul pada angan – angan anda, untuk menjawab itu semua, berikut ini adalah penjelasan tentang Overclock dari OKETEKNO.COM.

 

Apa itu Overclock?

Overclock artinya adalah memaksa kinerja processor untuk berjalan pada batas maximalnya. Kadang apabila perangkat sudah overclock maka bisa jadi akan terjadi kerusakan pada device apabila pada saat melakukan overclocking kurang berhati – hati.

Overclock Android
Overclock Android

 

Apakah Overclock aman?

Aman atau tidaknya overclock  itu tergantung pada pengaturan yang kita lakukan pada processor tersebut. Sebelumnya anda terlebih dahulu harus mengerti titik maksimal dari processor tersebut lalu kemudian anda bisa mengukur batas maksimal pemaksaan kinerjanya. Apabila penggunaannya melebihi kemampuan maksimal dari processor maka bisa jadi akan mengalami kerusakan permanen pada hardwarenya.

 

Apakah perangkat Android mampu mendapatkan Overclock?

Sifat Android yang open source memungkinkan para developer untuk mengembangkan aplikasi yang mendukung untuk layanan Overclock ini. Namun perlu di ingat, untuk melakukan overclocking pada perangkat android, anda terlebih dahulu harus melakukan root pada perangkat anda. Setelah itu anda bisa meng-install SETCPU v2.2.4 yang bisa di download dari Google Play Store. Langkah – langkahnya adalah sebagai berikut.

1. Install SETCPU v2.2.4 pada device anda
2. Rubah mode SETCPU menjadi ondemand
3. Klik Enable > Atur

  • Battery < 50 % max 600 min 122
  • Temp > 50 C max 245 min 245
  • Screen Off max 245 Min 345

 

*Catatan : Perlu anda ingat untuk mengenali terlebih dahulu interface perangkat Android anda. Apabila terjadi kesalahan sedikit saja maka bisa jadi akan berakibat fatal untuk umur Android anda.

 

Baca juga Spesifikasi Dan Harga Samsung Galaxy Young Neo Duos (S5312)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here