Apple Sengaja Bikin iPhone Lama Jadi Lemot, Ini Alasannya!

0
3094
100 Juta Unit iPhone 7 Merupakan Target Apple di Akhir Tahun 2016 ?
Copyright ©n4bb

Alasan Apple Kenapa Bikin Lemot!

Oketekno.com – Akhir-akhir ini dilaporkan banyak pengguna yang menemui performa perangkat yang mereka miliki menurun usai dipakai sekian lama. Rupanya update iOS dianggap sebagai pemicunya.

Diduga, pembaruan yang dilakukan oleh Apple untuk menutupi performa baterai yang makin menurun. Rupanya fakta tersebut diungkap oleh penyedia software benchmark, Geekbench. Menurutnya, ada perbedaan performa antara perangkat iOS 6s yang berjalan dengan OS versi 10.2.2 dan menjalankan 10.2.

Perbedaan performa yang sangat jelas antara perangkat yang sama dengan sistem operasi yang berbeda, juga didapatkan dari hasil uji coba yang dilakukan pada dua iPhone 7 dengan sistem operasi yang berbeda.

BACA JUGA: Diakuisisi Apple, Aplikasi Shazam Hadirkan Mode Offline Khsusu iOS!

Uji coba yang dilakukan itu diartikan mengulang percobaan yang sudah dilakukan sebelunya dengan hasil masih sama, sehingga muncul kecurigaan bahwa ini memang sengaja dilakukan oleh pihak perusahaan. Bahkan Geekbench menyebut bahwa masalah ini berawal dari pihaknya sendiri yang memang sengaja membatasi kinerja perangkat besutannya.

Update iOS 11.1.2 iPhone X
Copyright©Gottabemobile

Terkait hal ini, perusahaan asal Amerika Serikat tersebut sudah memberikan tanggapannya. Mengejutkan, secara tidak langsung pihaknya mengakuinya. Apple beralasan hal tersebut dilakukan untuk memberikan pengalaan penggunakan perangkat yang lebih baik lagi.

BACA JUGA: Cara Menggunakan Apple Pay di iPhone X, Video Tutorial Resmi dari Apple!

“Baterai Lithium-ion seiring waktu tidak mampu menyuplai daya yang mendukung performa puncak dalam kondisi dingin, setrumnya menurun, atau menjadi renta, sehingga perangkat sewaktu-waktu bisa mati sendiri untuk melindungi komponen elektroniknya. Tahun lalu kami merilis fitur untuk iPhone 6, iPhone 6s, dan iPhone SE yang menurunkan performa puncak hanya saat dibutuhkan saja, untuk mencegah perangkat mati tiba-tiba. Kini fitur itu juga dirilis untuk iPhone 7 dengan iOS 11.2,” Isi pernyataan perusahaan.

Kemudian dalam uji cobanya, Geekbench mencoba membandingkan performa 6s sebelum dan sesudah mengganti baterai, hal ini seperti yang dilansir oleh The Verge pada hari Kamis, 21 Desember 2017.

Dan dari hasil usai mengganti baterai, performanya kembali membaik dibandingkan sebelumnya. Geekbench pun menyimpulkan bahwa menurunnya performa perangkat besutan perusahaan asal Negeri Paman Sam itu bertujuan untuk menutupi baterainya yang lemah. Pengguna yang perangkatnya lemot alih-alih mengganti baterai, justru kebanyakn dari mereka berpikir kalau sudah waktunya untuk mengganti iPhone versi terbaru dari Apple.

BACA JUGA: Luncurkan Update Ini, Solusi Apple Atasi Kamera iPhone X yang Bermasalah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here