Wow, Kecerdasan Buatan Google Mahir Menilai Kualitas Foto Lho!

0
970
Copyright ©Merdeka

Dengan Kecerdasan Buatan Google, Jadi Mudah Untuk Nilai Kualitas Foto!

Oketekno.com – Sebelumnya, untuk bisa memperbaiki foto agar lebih baik lagi, biasanya kita membutuhkan yang namanya aplikasi edit foto. Namun untuk masa mendatang sepertinya hal tersebut tak berlaku lagi, sebab kamu bisa melakukan jauh lebih mudah berkat teknologi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/Al).

Seperti yang dikutip oleh Engadget, dalam rilisan yang di muat pada blog resmi Google mengungkap bahwa perusahaan internet tersebut, saat ini tengah fokus dalam pengembangan teknologi Al yang bisa menilai sebuah foto indah atau tidak.

Dan nantinya teknologi tersebut dapat membantu seseorang dalam memilih fotomu yang  bagus atau tidak. Untuk hal ini pihak Google sendiri menjelaskan bahwa teknologi Al itu di dimiliki dari prosesor Convlutional Neurall Network sehingga Al bisa menganalisis sebuah foto yang indah atau tidaknya. Penilaian yang dilakukan itu tidak hanya berdasarkan dari aspek teknis.

BACA JUGA: 6 Smartphone Ini Hadir Berbekal Kecerdasan Buatan (Al)!

Akan tetapi, nilai keindahan yang sama dengan insting yang hanya dimiliki oleh manusia. Teknologi itu disebut Neural Image Assesment (NIMA). Teknologi ini mampu menilai sebuah foto dari sisi teknis sekaligus estestika, arti lain Kecerdasan Buatan punya pemahaman mengenai keindahan seperti pemahaman yang ada pada diri manusia.

Copyright ©Metro

Lebih lanjut perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkekhususan pada jasa dan produk Internet tersebut menjelasakan pengembangan dari teknologi object recognition, sehingga Al bisa mengenali banyak beda termasuk benda yang ada di dalam sebuah foto.

BACA JUGA: Meitu Hadirkan Asisten Virtual, Jadikan Foto Selfie Sebagai Lukisan!

Untuk kedepannya nanti, teknologi tersebut bisa dikembangkan untuk membantu kebutuhan mengkoreksi foto, dan benda lain yang ada kaitannya dengan objek visual.

Dalam sebuah pelatihan kemampuan melalui kontes yang diselenggarakan, Nerual Image Assesment (NIMA) terbukti mampu memberikan nilai pa) da foto terbaik dengan hasil mengagumkan, bahkan hampir serupa dengan penilaian yang dilakukan oleh manusia pada umumnya.

Pada percoobaan lain lewat koleksi beberapa foto, Nerual Image Assesment (NIMA) mampu meneliti aspek teknis dalam foto tersebut. Sehingga akan membuat tampilan foto lebih baik lagi.

Jika melihat hasil mencuat dugaan bahwa suatu saat nanti tekologi Kecerdasan Buatan juga akan diboyongg dalam produk Google. Besar kemungkinan kamera Smartphone buatannya juga akan memanfaatkan teknologi NIMA.

BACA JUGA: Kegagalan Pada Face ID Bikin Wanita Ini Dua Kali Beli iPhone X!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here