Aplikasi Google Maps Diklaim Lebih Akurat Dibanding Apple Maps, Ini Buktinya!

0
448
Apple Maps vs Google Maps
Copyright©Macworld UK

Ini Bukti Aplikasi Google Maps Jauh Lebih Akurat Dibanding Apple Maps!

Oketekno.com – Kedua perusahaan teknologi yang dapat disebut sebagai terbesar di dunia, yakni Google dan Apple, keduanya diketahui banyak memiliki layanan yang mempunya fungsi hampir sama untuk dipakai para penggunanya. Salah satunya adalah aplikasi peta, Google mempunyai aplikasi Google Maps, sedangkan Apple Maps merupakan besutan Apple.

Memberikan layanan yang sama, yakni memberikan gambaran peta dunia kepada pengguna, kualitas keakuratan lokasi dari kedua aplikasi tersebut coba dibandingkan oleh Kartografer Justin O’Beirne. Yang mana dalah hasil perbandingan yang dilakukannya, aplikasi Google Maps diklaim lebih akurat ketimbang Apple Maps.

Baca Juga : Mirip Waze, Kini Google Maps Juga Punya Rute Sepeda Motor Lho!

Jika melihat sejarahnya, memang aplikasi Maps besutan Google telah 6  tahun lebih dahulu hadir sebagai layanan navigasi dan denah lokasi sebelum adanya Apple Maps. Sementara itu, Apple Maps sendiri juga masih terus melakukan peningkatan fitur dan memperkaya denah lokasi pada layanan fiturnya.

Apple Maps vs Google Maps 2
Copyright©justinobeirne

Dalam studi kasus yang dilakukannya, Justin menganalisa peta yang terdapat di kawasan Illionis, Amerika Serikat. Dari masing-masing peta, terlihat bahwa aplikasi Maps besutan Google tampak lebih detail dengan jalur-jalur sempit dan bangunan di sekelilingnya. Meskipun kalah kaya lokasi, aplikasi Apple Maps terlihat lebih bersih lantaran masih hanya menampilkan jalur utama serta nama tempat itu sendiri.

Jika dibandingkan interface yang dibawa keduanya, tampilan Apple Maps terkesan masih seperti Google Maps pada tahun pertengahan 2016, yang mana mereka tidak menampilkan ilustrasi bangunan pada denah lokasinya.

Simak Juga : Google Maps Go Sudah Hadir di Play Store Lho!

Google juga turut menampilkan tempat-tempat tertentu secara berbeda jika dibandingkan dengan Apple Maps. Contoh saja, seperti Google bakal menandai area hijau jika lokasi tersebut memiliki pepohonan atau rerumputan seperti taman kota ataupun ladang para petani. Untuk melihat perbedaanya kamu bisa melihatnya disini.

Apple Maps vs Google Maps 3
Copyright©justinobeirne

Dalam urusan menampilkan detail lokasi, Google Maps memang mengandalkan satelit pemancar citra dan mobil berkamera 360 derajat. Hal tersebut dilakukan agar denah lokasi bisa tampil seperti nyata seperti yang ada pada pandangan mata, jadi solah-olah kita berada di tempat itu. Fitur tersebut sendiri telah tersedia pada layanan Street View.

Sedangkan Apple menggunakan layanan pihak ketiga untuk pengambilan gambar dari Apple Maps, yaitu TomTom. Mereka sepertinya mesti berusaha lebih keras dan waktu yang tidak sedikit agar bisa memiliki tampilan dan detail yang sepadan dengan Google Maps.

 Simak Juga : Aplikasi Google Maps Ternyata Bisa Dipakai Tanpa Internet, Begini Caranya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here