WHO Sebut Ketagihan Game Bisa Jadi Gangguan Mental!

0
439
Copyright ©Tribun

Waduh, Ketagihan Game Bisa Jadi Gangguan Mental? Kok Bisa?

Oketekno.com – Siapa yang mengira kalau bermain game selama belasan jam, ternyata dianggap sebagai masalah kesehatan mental. Seperti yang diketahui, WHO (World Health Organization/Organisasi Kesehatan Dunia) belum lama ini menambahkan gangguan gaming ke dalam draf beta ke dalam ICD (Internationl Classification of Diseases/Klasifikasi Penyakit Internasional) mereka, seperti yang dilaporkan oleh Forbes.

Menurut laporan dari draf tersebut, bermain game tak hanya menjadi sebuah hobi atau hanya untuk hiburan semata untuk melepas penat usai menjalani aktivitas padat. Menurutnya, seseorang yang Ketagihan Game, sudah tak bosa mengendalikan berapa sering ia bermain.

Bahkan berbagai kalangan mulai remaja hingga dewasa yang sudah tak bisa berhenti untuk bemain bahkan setelah berjam-jam lamanya. Bagi sejumlah orang yang punya gangguan, bermain game juga akan terasa lebih intensif dan juga bisa menghancurkan kehidupan lantaran sangat menganggu aktivitas sehari-hari.

BACA JUGA: Tips dan Trik Seru Untuk Gamer Steam!

Menurut laporan yang dilansir dari Newsweek, walaupun si penderita ganguan ini tahu akibat sangat buruk dari gangguan ini, misalnya di pecat lantaran terlalu sering bolos kerja, rupanya mereka tetap saja tak bisa berhenti bermain game.

Copyright ©Gadget

Dalam tulisannya WHO menyataan kalau orang yang sudah Ketagihan Game, bisa dikatakan memiliki pola tingkah laku yang sangat parah. Tak hanya mengganggu pekerjaan, bahkan juga bisa mengganggu hubungannya dengan keluarga sendiri. Sebab mereka akan sangat berkonsentrasi dengan game dan keluarganya sendiri diabaikan.

BACA JUGA: Gunstar Heroes, Game Sega yang Berkecimpung di Android dan iOS

“Pola tingkah laku penderita cukup parah, sehingga menyebabkan gangguan dalam kehidupan penderita, baik dalam kehidupan pribadi, keluarga, sosial, edukasi, pekerjaan dan bagian kehidupan yang lain. Pola kebiasaan bermain bisa terus menerus atau sesekali tapi terus berulang.” tulis WHO dalam draf tersebut.

Namun si penderita baru bisa didiagnosis menderita gangguan ini jika kebiasaan game mereka berlangsung sekitar satu tahunan. Akan tetapi, dalah sebuah kasus yang dianggap parah, durasi tersebut bisa menjadi lebih singkat.

Gangguan tersebut berlaku baik untuk orang yang Ketagihan Game online maupun offline. Biasanya ICD digunakan oleh si pelaku industri kesehatan di dunia dan juga menjadi standar internasional terkait gangguan dan penyakit. Sementara itu edisi ke 11, yang akan dirilis tahun depan akan menyertakan gangguan ini.

BACA JUGA: 5 Game Pembawa Maut Berikut Bikin Ngeri!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here