Smartwatch Kini Kalah Laku dari Speaker Pintar, Kok Bisa?

0
960
speaker pintar samsung
Copyright ©TechNews

Speaker Pintar Kini Kalahkan Kepopuleran Smartwatch, Kok Bisa?

Oketekno.com – Dari awal mula kehadirannya, sosok smartwatch atau jam tangan memang tidak begitu mendapatkan hati dari publik. Kini laporan terbaru dari eMarketer mengungkapkan bahwa teknologi wearable, termasuk smartwatch masih tetap belum berhasil memenangkan hati masyarakat. Bahkan kini keberadaanyaa sudah tergeser dengan speaker pintar yang menjadi tren produk teknologi baru kekinian.

Berkembang pesatnya popularitas speaker pintar tersebut juga disokong oleh sejumlah penawaran dengan memberikan harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan jam tangan cerdas. Dalam laporan tersebut juga disebutkan bahwa konsumen belum menemukan alasan pendukung pembelian smartwatch, yang mana smartwatch sendiri dibanderol sama dengan harga smartphone baru.

Simak Juga : Daftar Jam Pintar Android Wear yang Dapat Jatah Update Android Oreo!

Sementara itu, untuk pertumbuhan perangkat wearable sendiri diklaim terus menurun dan mengecewakan. Diketahui pada tahun 2015 silam, eMarketer memprediksi bahwa di antara konsumen dewasa di Amerika Serikat, penjualan perangkat wearable akan meningkat sebesar 60 % pada tahun 2016.

Google Siapkan Dua Smartwatch Baru, Sambut Tahun Baru 2017
Copyright ©Google

Akan tetapi angka penjualan sebesar 24,7 % pada tahun 2018, eMarketer juga menerawang akan mengalami penurunan dalam pertumbuhan perangkat wearable hingga 11,9 %. Bahkan mirisnya, penurunan tersebut juga diperkirakan akan berlanjut menjadi satu digit pada tahun 2019 dan seterusnya pada tahun-tahun mendatang.

Salah satu analis eMarketer, Cindy Liu mengungkapkan, bahwa pertumbuhan pada kategori tersebut akan dihadirkan oleh pengguna smartwatch versi baru. Cindy Liu mengungkap permasalahan terletak pada kurangnya produk yang menarik publik sehingga menjadi wajib dimiliki pada kategori smartphone, yang saat ini masih didominasi oleh alat pendeteksi kebugaran serta kesehatan.

Simak Juga : Speaker Pintar Samsung Dirilis di Kuartal Pertama 2018, Seperti Apa Kelebihannya ?

Sementara itu jika melihat kenyataan pada pasar, setidaknya ada 77 % dari populasi masyarakat remaja hingga dewasa di Negeri Paman Sam yang merupakan pengguna aktif smartphone, akan tetapi hanya skitar 20 % saja yang menggunakan jam tangan pintar. Sedangkan kategori smartwatch diperkirakan membutuhkan waktu dua hingga tiga tahun untuk dapat meraih posisi di hati publik.

Beralih pada speaker pintar, perusahaan teknologi raksasa Samsung nampaknya juga tidak akan membuang kesempatan dengan menghadirkan speaker cerdas besutannya. Bocoran tersebut diungkap oleh seorang sumber yang dikutip oleh Bloomberg. Jika kabar ini benar, maka Samsung akan menambah deretas pesaing Amazon, selain Apple dan Google.

Simak Juga : Saingi Amazon dan Apple, Speaker Pintar Samsung Siap Meluncur pada 2018!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here