Mengenal Brian Acton, Sang Pencipta WhatsApp yang Sempat Dicibir Facebook dan Twitter!

0
540
Brian Acton dan Jan Koum
Copyright©Insights

Mengenal Brian Acton, Sang Pencipta WhatsApp yang Sempat Dicibir Facebook dan Twitter!

Oketekno.com – Aplikasi WhatsApp kini menjelma menjadi sosok aplikasi chating paling populer dan digandrungi oleh para pengguna di seluruh penjuru dunia. Aplikasi chating besutan Facebook tersebut dikenal dengan konsep yang sederhana dan juga mudah dipakai menjadi keunggulan tersendiri bagi aplikasi yang khas dengan warna hijaunya itu. Akan tetapi sudahkah kalian mengetahui siapa orang yang menciptakan aplikasi WhatsApp?

Aplikasi WhatsApp diciptakan oleh 2 orang berotak jenius yang bernama Brian Acton dan Jan Koum. Namun nama Brian lah yang lebih dikenal, sosoik pria yang kelahiran Michingan Amerika Serikat (AS) pada tahun 1972.

Simak Juga : 3 Hari Lagi WhatsApp Akan Tinggalkan OS Ini! Kenapa?

Semasa kecilnya, Brian Acton menghabiskan waktunya di tempat kelahiran Michigan bersama sang ibu. Yang mana sang ibu bekerja pada sebuah perusahaan dalam mengelola pendistribusian barang. Ibunya lah yang memberikan dorongan dan menasihati Brian untuk memulai bisnisnya sendiri.

Brian Acton dan Jan Koum 2
Copyright©The Tech Cult

Selanjutnya Brian Acton menempuh pendidikan di Stanford University dalam bidang ilmu komputer. Sebelumnya ia juga menempuh studi di University Of Central Florida dan University of Pennsylvania.

Simak Juga : WhatsApp Versi Android Siap Hadirkan Berbagai Fitur Baru, Apa Saja?

Karir Brian dimulai pada awal 1992. Dirinya pertama kali bekerja dengan Rockwell International sebagai administrator sistem. Kemudian mulai bekerja sebagai insinyur pengujian pada perusahaan sistem seperti Adobe dan Apple.

Kemudian pada tahun 1996, Brian Acton bekerja di Yahoo! dan menjadi karyawan ke-44 perusahaan tersebut. Pada 1998, Jan Koum juga bekerja di Yahoo! yang akhirnya mempertemukannya dengan Brian. Keduanya bekerja bersama selama beberapa tahun.

Sementara bekerja di Yahoo!, Brian Acton berinvestasi di buble dot com pada 2000 dan kehilangan uang jutaan. Pada 2007, dirinya dan Jan Koum memutusakan untuk meninggalkan Yahoo!.

Baca Juga : Sedih Ya Kontak WhatsApp Kamu Diblokir? Ini Dia Cara Mudah Untuk Bisa Chat Lagi!

Lalu mereka mencoba mulai melakukan perjalanan di Amerika Selatan selama satu tahun. Dalam perjalanan tersebut, banyak berdiskusi tentang nilai pandangan dan keuletan. Selanjutnya Brian dan Koum melamar pekerjaan di Facebook, akan tetapi ditolak. ada 2009 Jan Koum mengunjungi salah satu temannya Alex Fishman dan berencana mengembangkan sebuah aplikasi.

Seminggu kemudian WhatsApp diciptakan perdana di California. Pemilihan nama WhatsApp karena kedengarannya mirip frase harian, yakni “Whats up”. Ketika itu juga Jan Koum dan Brian Acton mendirikan perusahaannya.

Sebelumnya tidak akan ada yang menyangka, Brian dan Koum yang dulunya sempat dicibir dan ditolak oleh Facebook malah ditawari untuk menjual aplikasi WhatsApp. Dan akhirnya tergiur besarnya tawaran, pada 2014 akhirnya WhatsApp resmi diakuisisi Facebook dengan harga USD19 miliar. Brian bahkan memiliki saham senilai 20% di WhatsApp. Mengenang kisahnya dulu, Brian pernah men-tweet bahwa ia sempat ditolak Facebook dan Twitter pada 2009 silam.

Baca Juga : Tanpa Root, Begini Cara Mengganti Tema WhatsApp!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here