iPhone X vs Note 8 , Layar Mana yang Lebih Tangguh?

0
532
Copyright ©okezone

iPhone X vs Note 8? Yang Mana Ya, Simak Aja Yuk!

Oketekno.com –  Seperti yang kita tahu, iPhone X hadir dengan membawa layar OLED yang merupakan besutan dari perusahaan Samsung. Tak mau kalah dari Apple, perusahaan itupun juga telah menerapkan OLED pada sejumlah perangkat cerdasnya seperti Galaxy S7 Edge hingga Note 8 yang hadir dengan layar AMOLED.

Lantas pakah kedua perangkat tersebut punya ketahanan yang sama? Untuk membuktikan hal ini, sebuah situs teknologi Korea Selatan yang mencoba menguji layar OLED antara iPhone X vs Note 8 selama 510 jam untuk mengukur burn-in.

Bagi para pengguna yang masih awam, burn-in sendiri merupakan sebuah istilah saat perubahan warna layar lantaran gambar yang tampil dianggap terlalu cerah dan punya banyak warna.

BACA JUGA: Ini Ketangguhan OnePlus 6 yang Powerfull, Siap Meluncur Maret 2018 Jegal iPhone X!

Dari pengujian yang dilakukannya itu, hasil yang didapatkan pun  cukup mengejutkan. Perangkat cerdas besutan perusahaan asal Amerika Serikat itu membutuhkan waktu yang lebih lama untuk burn-in jika dibandingkan dengan kedua ponsel cerdas milik Samsung.

Copyright ©oke

Lebih lanjut, situs itupun membiarkan layar ponsel untuk menampilkan gambar statis dengan tangkat kecerahan maksimal selama tes dilakukan.

BACA JUGA: Cara Nikmati Animoji di Android Seperti iPhone X, Membuat Chattinganmu Lebih Seru!

Rupanya iPhone X pertama kali menunjukkan tanda-tanda burn-in usai 17 jam, akan tetapi saat itu retensi gambar tak terlalu buruk dalam penggunaan secara normal.

Sedangkan Note 8 juga butuh waktu yang lama untuk menunjukkan hal tersebut, namun usai 62 jam retensinya terlihat begitu jelas jika dibandingkan dengan perangkat yang meluncur pada bulan September 2017 lalu itu. Sehingga pengguna bisa mengidentiifkasi titik antara iPhone X vs Note 8.

Sedangkan untuk Galaxy S7 Egde juga hampir menunjukkan tanda burn-ini. Sama seperti iPhone yang dibanderol dengan harga selangit itu, dimana retensi gambar tak begitu buruk.

Kemudian, akhir pengujian yakni setelah 510 jam, ketiga smartphone memiliki retensi gambar yang sangat mencolok, bahkan berpotensi permanen. Walau begitu, dua smartphone Samsung menunjukkan burn-in yang lebih tinggi ketimbang perangkat yang mengandalkan teknologi Face ID tersebut.

Namun sayangnya, Cetizen tak membeberkan mengenai metode apa yang digunakan untuk membersihkan layar burn-in. Bahkan akurasi terhadap pengujian ini juga masih dipertanyakan lantaran sulit untuk memasang gambar yang sama selama 510 jam untuk tiga perangkat yang berbeda.

BACA JUGA: Begini Cara Buat Tombol Home Virtual Ala iPhone X!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here