Operator Seluler Dapat Sembunyikan Kekuatan Sinyal di Android P?

0
438
Android
Copyright ©kompastekno

Kekuatan Sinyal di Android P Dapat Dosembunyikan Operator Seluler, Ini Alasannya!

Oketekno.com – Google kabarnya berencana akan memberikan kewenangan ke operator seluler. Mesin pencarian terbesar didunia itu akan memperbolehkan operator seluler untuk menyembunyikan informasi kekuatan sinyal di OS Android versi yang akan datang atau Android P.

Kabar ini didapat setelah adanya bocoran kode Android P yang dikirim ke Android Open Source Project (AOSP). Saat ini pemilik perangkat bisa mengecek kekuatan sinyal dengan hanya melihat menu SIM status di bagian Setting.

Akan tetapi dengan adanya kode tersebut, nantinya perusahaan operator seluler bisa menyembunyikan informasi kekuatan sinyal dari pemilik perangkat. Fitur menyembunyikan infomasi kekuatan sianyal di perangkat Android ini kabarnya diminta sendiri oleh perusahan operator.

Baca juga :  Ssst, Begini Cara Main Game Overwatch di Android Tanpa Lag!

Bahkan permintaan dari perusahaan operator tersebut juga telah disetujui oleh Google. Namun belum diketahui dengan pasti mengapa perusahaan operator ingin menyembunyikan informasi kekuatan sinyal jika hal itu mudah terlihat pada iterasi yang ada dalam perangkat Android.

Android
Copyright ©smeaker

Sementara itu dalam kode tersebut terungkap jika Google hanya menyampaikan inrfomasi kekuatan sinyal di menu sim status. Google tak menghapus API yang bisa menarik informasi kekuatan sinyal.

Dengan begitu aplikasi pihak ke tiga nantinya masih bisa memanfaatkan API ini untuk menampikan kekuatan sinyal pada perangkat. Sedangkan pada versi Android yang beredar saat ini, kekuatan sinyal operator diukur dalam angka numerik. Angka itu dalam satuan desibel-milliwatt (sBm) atau Arbitraty strength unit (asu).

Meskipun sinyal umumnya diukur melalui ikon lima baris yang muncul diatas layar, namun kekuatan sinyal sendiri sesungguhnya ialah angka numerik tersebut. Jika angka dBm menurun bisa dipastikan jika jaringan pada perangkat buruk.

Baca juga :  Cara Mempercepat Koneksi Internet Android

Sementara kebanyakan pengguna tidak akan peduli untuk melihat nilai dBm yang tepat dari kekuatan sinyal, ini bisa menjadi angka yang berguna saat membandingkan bagaimana beberapa perangkat pada jaringan yang sama tampil. Kekuatan sinyal perangkat sendiri sangat penting untuk kualitas panggilan, konektivitas data atau kecepatan dan masa pakai baterai. Jadi melihat nilai dBm menjadi cara berguna untu melihat seberapa baik tarif perangkat di jaringan.

Sementara itu perubahan ini bukan berarti membuat pengguna Android tak bisa mengecek kekuatan sinyal. Akan tetapi bisa saja informasi yang ditampilkan tak mencerminkan atau menunjukan yang sesungguhnya atau apa adanya.

Baca juga :  5 Tips Ngetik Cepat di Android!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here