Meski Belum Ada Dua Tahun, Google Assistant Kini Ada di Lebih 1500 Perangkat IoT Lho!

0
268
google_assistant_02
Copyright ©9to5Google

Belum Genap Dua Tahun, Google Assistant Kini Ada di Lebih 1500 Perangkat IoT

Oketekno.com – Google pertama kali mengenalakan Google Assistant sejak bulan Mei 2016 silam. Memasuki dua tahun, perusahaan tentunya menaruh harapan besar untuk mengaplikasikan aplikasinya itu ke banyak perangkat.

Tidak seperti Google New yang memiliki sifat searah, Google Assistant ini memungkinkan penggunanya untuk melibatkan diri dalam sebuah percakapan dua arah. Bukan hanya itu saja perusahaan ini juga ada Google Home, namun tercatat sedikit sekali perangkat rumah pintar yang bisa dikendalikan aplikasi-aplikasi Google ini.

Akan tetapi berselang satu tahun sederet perangkat pintar yang dapat dikendalikan oleh aplikasi-aplikasi tersbeut kini justru berkembang secara pesat. Hingga kini Google Assistant sudah digunakan lebih dari 1.500 perangkat loT dari 200 merek berbeda. Sejumlah perangkat yang didukung oleh assistant virtual milik Google tersebut beberapa bulan ini memang berkembang sangat pesat.

Baca juga :  Para Pengguna Keluhkan Bug Pada Audio Google Pixel 2 XL, Ada Apa ?

Virtual assistant ini sebelumnya diumumkan Google pada event I/O tahun lalu. Jika dilihat Google Assistant merupakan upgrade dari Google Now, mungkin para penggunanya lebih familiar dengan perintah suara “OK Google” yang kerap kali kalian gunakan. Namun aplikasi ini telah memanfaatkan AI dan didesain agar lebih personal.

1500_Google_Assistant
Copyright ©tabloid pulsa

Kali ini aplikasi assistent ini tak hanya digunakan pada perangkat smartphone saja, namun juga digunakan pada perangkat Google Home d Aplikasi Google Allo. Sedangkan peluncuran aplikasi ini sendiri dilakukan pada bulan Desember 2016 dan pada bulan April 217, SKD Google Assistant dirilis.

Baca juga : Daftar Game Gratis Android Terbaik Paling Populer di Google Play Store

Dengan terbukanya API, maka devoloper pihak ketiga bisa mengintegrasikan aplikasi atau hardware loT mereka ke virtual asssitent ini. Saat ini bukan hanya Google, namun banyak perusahaan yang mulai membuat perangkat smart home-nya yang terintergrasi dengan Google Assistant. Perusahaan tersbeut seperti iRobot, LG, General Electric, D-LInk dan masih banyak lainnya.

Google sendiri sebelumnya memang berinisiatif membuka fitur assistant ini untuk feature phone. Hal tersebut dilakukan karena ponsel memiliki askses jaringan internet meskipun tidak memiliki OS Android. Namun saat ini pencapaian luar biasa justru didapat Google yakni memiliki 1.500 pengguna virtual asssstent-nya diperangkat IoT. Google juga memiliki peluang sangat besar untuk mendapatkan banyak pengguna baru.

Baca juga :  Pembaruan di Bulan Januari Google Pixel Perbaiki Layar Anti Penuaan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here