Ini Prediksi Ketangguhan Samsung Galaxy S9 yang Tidak Main-main!

0
465
Render Samsung Galaxy S9 dan S9+
Copyright ©Weibo via Gizmo China

Prediksi Kebolehan Samsung Galaxy S9 yang Siap Dirilis!

OKETEKNO.COM – Perangkat smartphone Samsung Galaxy S9 memang cukup dinantikan oleh banyak pecinta gadget. Bagaimana tidak, perangkat ini dikabarkan akan membawa sejumlah inovasi terbaru dan tentunya usungan kecanggihan teknologi serta fitur terbaru saat ini. Smartphone premium besutan Samsung tersebut diperkirakan baru akan diperkenalkan resmi pada ajang Mobile World Congress (MWC) pada penghujung Februari 2018. Kendati demikian sejumlah bocoran desain dan spesifikasinya telah menyeruak di dunia maya. Bahkan ponsel ini diprediksi membawa sejumlah ketangguhan yang tak main-main.

Salah satu kelebihan flagship besutan vendor Negeri Gingseng ini adalah desainnya yang elegan dan mewah dalam usungan layar lengkung pada kedua sisi bodinya sehingga menghilangkan bezell dan batas antar layarnya. Bukan hanya itu Samsung Galaxy S9 akan menjadi smartphone tangguh dengan chip Samsung Exynos 9810 terbaru dalam SoC (System on Chip) bukan processor lantaran semua teknologinya baru dengan kemampuan, spesifikasi, fitur yang diatur oleh SoC.

Baca Juga Ini Lho 6 Keunggulan Otak Samsung Galaxy S9 Mampu Saingi iPhone X!

Lantaran jenis chip Exynos 9810 sendiri merupakan chipset besutan Samsung yang diklaim sebagai processor high-end tentunya dipasangkan dalam flagship andalan perusahaan keluaran terbaru. Kendati demikian S9 juta akan membawa model dengan chipset dari Qualcomm untuk model yang dipasarkan di Amerika Serikat. Berikut sejumlah prediksi ketangguhan Samsung Galaxy S9 yang tak main-main dilansir dari laman inetdetik.

  1. Smartphone Android Tercepat?

Untuk Samsung S9 yang dirilis di pasar Amerika akan membawakan chipset Qualcomm Snapdragon 845 terbaru dan untuk pasar global mengusung chipset Exynos 9810. Samsung mengungkap kecepatan single core atau satu inti dari Exynos 9810 dua kali lipat kecepatan Exynos sebelumnya (8895) dan kecepatan multicore mampu naik 40 persen. Sementara Qualcomm pada Snapdragon 845 hanya mengalami kenaikan 25-30 persen baik single core atau multicorenya.

Benchmark Exynos 8895 pada Galaxy Note8
Copyright ©Istimewa

Sementara itu Single Core Geekbench untuk Exynos 8895: 2026, apabila Exynos 9810 naik 2 kali lipat, maka scorenya mencapai angka 4000-an Multi Core Geekbench untuk exynos 8895: 6650, maka jika Exynos 9810 naik 40 persen, maka scorenya kira-kira menjadi 9300-an.  Angka single core 4000an ini bahkan dapat menyaingi kecepatan SoC terbaru dari Apple, A11 bionic. Sebelumnya saat A11 bionic rilis dirilis mendapatkan geekbench score 4000-an untuk single core dan 10.000-an untuk multiscore. Alhasil dunia mobile dibuat gempar, bagaimana prosesor smartphone Android tertinggal cukup jauh dari iPhone.

Tentunya kepastiannya kita tunggu serangkaian test untuk SoC terbaru Samsung ini. Diperkirakan jika klaim vendor Korea Selatan ini benar adanya dan Samsung Galaxy S9 menggunakan chip Exynos 9810 serta benar-benar memanfaatkan kemampuan SoC, tentunya perangkat ini diklaim sebagai smartphone android tercepat saat ini.

  1. Kamera dengan Teknologi Kecerdasan Buatan

Perlu diketahui bagian yang mengontrol sektor kamera pada SoC adalah ISP (Image Signal Processor) dimana menterjemahkan sinyal pada sensor kamera menjadi gambar. Pada chipset Exynos 9810 didukung dual ISP sehingga mendukung 4 sensor kamera. Tentunya semenjak Galaxy Note 8 meluncur tidak banyak orang mengetahui Samsung sejatinya telah menerapkan teknologi empat kamera yakni 2 kamera belakang, 1 kamera depan dan 1 kamera iris scanner. Konfigurasi inilah yang kemungkinan akan ada pada Samsung Galaxy S9.

Dual ISP Samsung S9
Copyright ©Istimewa

Selain itu hadirnya teknologi kecerdasan buatan AI juga akan meningkatkan kualitas kameranya serta membantu mengatasi kelemahan dari kamera smartphone. Alhasil pengguna dapat memperoleh hasil bidikan kamera ponsel Samsung S9 setara dengan kualitas kamera professional.

Baca Juga Setangguh Apa Chipset Exynos 9810 yang Digunakan Samsung Galaxy S9?

  1. Layar dan Multimedia Lebih Baik

Peningkatan flagship keluaran Samsung terbaru memang dinantikan salah satunya pada bekalan layar. Apalagi ponsel premium saat ini banyak mengusung resolusi layar tingg bahkan hingga 4K dimana standar pun berubah menjadi 10 bit dimana umumnya tampilan layar dengan 16 juta warna memiliki standar umum 8-bit. Hadirnya chip Exynos 9810 mendukung advance MFC (Multi Format Codec) 10 bit HEVC VP9 Codec dimana setiap warna primer yakni merah, hijau dan biru mempunyai 1024 tone warna bila dikombinasikan akan memiliki hasil 1.07 milyar warna yakni 64 kali lipat dari 16 juta warna layar yang umumnya mampu ditampilkan layar perangkat ponsel kita.

Wide COlor Gamut di Samsung S9
Copyright ©Istimewa

Samsung Galaxy S9 tentunya akan membawa warna yang cukup kaya dikombinasikan panel AMOLED Samsung sehingga siap memperleh standar baru dengan dukungan beberapa color space (gamut), spektrum warna yang 72 persen lebih kaya sehingga hasil gambar lebih nyata.

  1. Keamanan Data Level Hardware

Saat ini sejumlah kemudahan dapat dilakukan dalam smartphone termasuk bertransaksi online mulai transfer bank, belanja online sampai mengganti kartu kredit untuk transaksi wireless. Alhasil tingkat serangan malware yang banyak terjadi di PC kini beralih ke smartphone dengan tujuan utama mencuri data pengguna. Kabarnya pada Samsung Galaxy S9 ini semua level kemanan dirringkatkan dengan pendeteksian lebih cepat.

Exynos 9810
Copyright ©Istimewa

Selain itu dipersiapkan pula melewati beberapa penghalang diantaranya wajah yang dilihat sejajar saat perangkat akan dibaca dari sudut atau bagian ternentu, kacamata penghalang pemindaian iris dapat dilewati hingga kondisi gelap yang mempersulit kamera membaca wajah pengguna. Halangan tersebut kabarnya tidak akan ada lagi dalam Samsung Galaxy S9.

Sekian informasi mengenai prediksi ketangguhan Samsung Galaxy S9 yang siap meluncur ke pasaran dalam waktu dekat ini. Tentunya untuk membuktikan kebolehan flagship premium ini, kita tunggu saja kabar perilisan resminya.

Baca Juga Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus Akan Hadir dalam Beberapa Varian, Apa Saja Ya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here