Berhenti Buat Dorne, GoPro Jual Murah Kamera Hero 6

0
460
GoPro
Copyright ©technokompas

GoPro Berhenti Buat Dorne Setelah Habiskan Kamera Hero 6

Oketekno.com – Nasib drone Karma buaatan GoPro harus berakhir dengan waktu cukup singkat. Pabrikan kamera aksi tersebut mengaku akan mengumumkan akan keluar dari bisnis drone pekan ini.

Cukup diketahui jika Karma menjadi dorne pertama sekaligus terakhir yang dibuat pabrikankamera aksi ini. Bersamaan dengan kabar tersebut, GoPro dikatakan juga akan turut memangkas .300 karyawan.

Sumber dalam perusahan mengatakan, perusahan telah mengirim e-mail kepada karyawan terkait untuk menjelaskan perihal pemutusan hubungan kerja. Dalam surat tersebut dikatakan jika hal itu dilakukan dalam rangka restrukturisasi. Rencananya karawan akan dihentikan, namun masih akan dibayar hingga 16 Februari mendatang.

Baca juga : DJI Rilis Osmo Mobile 2 Versi Baru Dengan Stabilizer Smartphone, Harga Murah Lho!

GoPro akan memangkas ratusa karyawan tersebut dari divisi aerial yang bertanggung jawab mengembangkan drone Karma. Bahkan gaji CEO Nicholas Woodman juga dikurangi hingga 1 dollar Amerika Serikat untuk menghemat pengeluaran.

GoPro
Copyright ©kmpastekno

Sedangkan harga kamera aksi flagship Hero 6 Black juga dipangkas yakni dari 499 dollar AS atau setara dengan Rp 6,7 juta menjadi 399 dollar AS atau Rp 5,3 juta. Pemangkasan harga kamera aksi Hero 6 ini dilakukan guna mendoorng penjualan.

Perusahaan sendiri sempat mengatakan jika Karma sendiri sempat menduduki posisi kedua dalam pasaran drone untuk kelas harganya. Meskipun begitu GoPro sendiri tetap merasa kesulitan mendapatkan keuntungan. Apalagi wilayah pasar Eropa dan Amerika Serikat menerapkan aturan yang lebih ketat mengenai drone sehingga semakin membatasi gerak Karma.

Menurut perusahaan sendiri faktor-faktor tersebut memuat pasaran arieal tidak bisa dipertahankan. GoPro sendiri berencana akan keluar dari pasaran setelah menghabiskan stok drone Karma yang masih tersisa.

Baca juga : Ilmuwan Pakai Drone untuk Basmi Malaria, Begini Caranya!

Sementara itu, drone Karma sendiri sudah mengalami masalah sejak pertama kali diluncurkan akhir tahun 2016 dengan harga 799 dollar AS atau Rp 10 juta. Sebulan menjelang diluncurkan, tepatnya bulan November drone kembali ditarik karena mengalami masalah baterai.

Setelah itu Karma pun menghadapi persaingan sengit dari sejumlah produk seperti Mavic Pro dan DJI yang sudah terlebih dulu menguasai pasar drone. Kemudian keuangan GoPro sendiri juga tak menggembirakan yakni pendapatan di kuartal empat 2017 hanya sebasar 2340 juta dollar AS. Angka tersebut jauh lebih rendah dibandingkan estimasi sebelumya yakni sebesar 470 dollar AS.

Baca juga : Xiaomi Akan Melayangkan Drone Pada 25 Mei 2016

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here