Rencana Bisnis Batal, Huawei Mate 10 Terancam Gagal Meluncur di AS

0
223
Huawei Mate 10
Copyright ©infokomputer

Huawei Terancam Gagal Lakukan Ekspansi Bisnis Smartphone di Amerika Serikat

Oketekno.com – Kerjasama Huawei dengan beberapa operator seluler Amerika Serikat terancam batal. Sepertinya perusahaan teknologi asal Tiongkok ini akan gagal bekerjasama untuk menjual smartphone flagship, Huawei Mate 10.

Diduga penyebab gagalnya kerjasama dengan operator seluler negera Paman Syam tersebut karena isu peran Huawei dalam aksi spoinase Pemerintah Tiongkok. Dua orang sumber menyebutkan jika operator AT&T dilaporkan mundur dari kesepakatan untuk menjual Huawei Mate 10 di AS.

Padahal Huawei Mate 10 tersebut telah selesai digarap dan diperkiraka akan di jual di AS pada bulan Februari 2018 nanti. Hingga kini AT&T belum juga angkat bicara, selain itu juga belum ada alasan pasti terkait pemutusan kerjasama tersebut. Hal ini pun diperkirakan ada hubungannya dengan tudingan tindakan spionase oleh Pemerintah Tiongkok.

Baca juga :  Vendor Sebut Huawei Mate 10 Jadi Ponsel Terbaik!

Cukup diketahui jika bulan lalu sekelompok anggota parlemen telah mengirimkan surat ke Komisi Komunikasi Federal. Surat tersebut menyamapaikan kekhawtiran terkait potensi kesepakatan antara Huawei dan sebuah perusahaan telekomunikasi Amerika Serikat yang tak disebutkan namanya mengenai penjuaan produknya di negara tersebut.

Huawei
Copyright ©liputan6

Sekelompok anggota parlemen tersebut juga menyinggung hubungan Huawei dan Pemerintaah Tiongkok. Sedangkan disisi lain Kongres AS juga disebut-sebut telah lama mengkhawatirkan aksi sepionase Tiongkok serta peran perusahaan Huawei di dalamnya. Namun dalam surat itu sendiri tak mencatumkan nama AT&T, melainkan hanya laporan penundaan kesepakatan untuk menjual smrartphone Huawei di negara AS yang telah beredar luas.

Terkait hal ini Juru Bicara AT&T, Fletcher Cook justru menolak berkomentar banyak. Menurutnya perusahaannya telah lama menepis keterlibtan terkait tudingan spionase tersebut. Perusahaan juga menegaskan jika pihaknya telah menghadirkan perangkat premium dengan integritas di global dan pasar AS selama lima tahun terakhir.

Baca juga :  Huawei Mate 10 Pro Bakal Sambangi Amerika Dalam Waktu Dekat!

Sementara itu ini bukanlah perama kali Huawei terhambat. Perusahaan-perusahaan telekomunikasi besar AS sendiri menolak membeli peralatan telekomunikasi perusahaan asal Negeri Tirai Bambu tersebut karena khawatir soal keamanannya.

Sebelumnya Huawei sendiri telah mempersiapkan produk barunya Huawei Mate 10 sebagai rival kuat iPhone X. Smartphone ini telah diumumkan pada Oktober 2017 lalu dan dibanderol dengan kisaran harga 900 dollar AS tanpa subsidi operator. Perusahaan Tiongkok itu diketahui telah menjual smartphone di AS, namun belum memiliki kerjasama dengan operator seluler besar di negara tersebut.

Baca juga :  Huawei Honor 9 Lite Sambangi India, Indonesia Kapan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here