News Feed Kena Masalah, Facebook Ambil Langkah Ubah Konten Penyaringan

0
1513
facebook-6
Copyright ©zdnet

Facebook Ubah Penyaringan Unggahan dan Video di News Feed

Oketekno.com – Mulai Kamis, 11 Januari 2018, Facebook akan mengubah cara penyaringan unggahan dan video yanag tampil di News Feed. Dirubahnya cara peyaringan ini merupakan bentuk dari pernyataan yang disampaikan oleh CEO Facebook, Mar Zukerberg sebelumnya.

Mark sebelumya memberikan pernyataan mengenai sejumah perubahan desain yang akan diterapkan pada jejaring sosial terbesar di dunia tersebut. Melalui unggahannya dia mengatakan akan mengubah penyaringan untuk News Feed pada layanan yang dibesutnya.

Dia akan mengubahnya dengan memprioritaskan yang dibagikan oleh teman-teman dan keluarga. Kemudian Facebook akan mengurangi konten-konten non-iklan dari merek, penerbit ataupun orgaisasi media.

Baca juga : Facebook Siapkan Layanan Portal Untuk Video Chat di Gaget?

Cukup diketahui layanan media sosial ini selama bertahun-tahun memprioritskan material yang dianggap algoritma komputernya melibatkan orang-ranag melalui ‘like’ atau denga cara lain untuk menunjukan ketertarikan. Akan tetapi menurut Mark itu tidak lagi menjadi tujuan perusahaannya.

Facebook
Copyright©satelindo

Dia mengatakan mengubah tujuan yakni dengan membantu pengguna menemukan konten relevan menjadi membantu pengguna supaya bisa berinteraksi lebih banyak. Perubahan ini diperkirakan akan mengurangi waktu yang dihabiskan orang-orang di layanan ini serta keterlibatan mereka juga akan menurun dalam jangka waktu singkat. Namun perubahan ini akan memberikan dampak yang lebih baik untuk para pengguna dan bisnis dalam jangka panjang.

Sementara itu sebelum dilakuan perubahan ini Facebook dan sejumlah media sosial banyak di kritik. Kritikan tersebut datang lantaran layanan mereka membuat para pegguna melihat berbagai isu sosial dan politik sehingga membuat kebiasan adiktif oleh pengguna.

Selain algoritma layanan FB juga dikritik karena diduga memprioritaskan berita dan informasi yang salah di News Feed para pengguna. Bahkan algortma tersebut mempengaruhi Pemilihan Presiden (Pilpres) Amerika Serikat (AS) pada tahun lalu dan menimbulkan wacana politik di sejumlah negara lainnya.

Baca juga : Facebook Matikan Asisten Virtual Miliknya, Kenapa?

Perubahan nantinya akan dimulai dari perubahan algoritma sebagai ‘pengontrol’ News Feed dan dengan ini diharap mampu mengatasi masalah yang ada. Menurut Mark Zukerberg, perubahan lain akan diterapkan pada sejumlah produk miliknya yang lain dalam beberapa bulan kedepan.

Cukup diketahui jika layanan besutan Mark Zukerberg ini menjadi paling banyak penggunanya yakni mencapai 2 miliar pegguna per bulan. Facebook juga merupakan salah satu perusahan terbesar di dunia dan tercatat pendapatannya mencapai 36 miliar dollar AS per 30 September 2017 kemarin.

Baca juga : Berikut Ciri-ciri Akun Facebook Sedang Diretas Seseorang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here