Keren, Dell Sulap Limbah Komputer Jadi Perhiasan Mewah!

0
1976
Copyright ©Ubergizmo

Perhiasan dari Limbah Komputer Milik Dell Sudah Meluncur Lho!

Oketekno.com – Setiap komponen elektronik rupanya dibalut dengan bahan logam yang punya nilai tinggi. Dan hal ini pun kemudian dimanfaatkan oleh perusahaan Dell dan dianggapnya sebagai peluang besar.

Karena itu, perusahaan punya ide untuk mendaur ulang limbah bahan komputer untuk menjadi sebuah perrhiasan yang bisa dijual dengan harga sangat tinggi. Seperti yang dilansir oleh Ubergizmo pada hari Sabtu, 13 Januari 2018 upaya yang dilakukannya ini termasuk ke program perusahaan untuk melakukan daur ulang terhadap perangkat elektronik miliknya.

Untuk mewujudkan hal ini, pihaknya menjalin kerja sama dengan aktris cantik Nikki Reed untuk menciptakan perhiasaan mewah eksklusif. Sejumlah perhiasan yang akan dijual diantaranya cincin emas, cuff link, hingga anting yang dilapisi emas 14 dan 18 karat.

BACA JUGA: Daftar Smartphone Tebaru 2018 yang Siap di Serbu, Apa Saja?

Perusahaan berbasis di Round Rock, Texas, Amerika Serikat ini menyebutkan bahwa nilai logam dari limbah perangkat yang dibuang begitu saja, ternyata jika sudah di daur ulang menghasilkan keuntungan yang fantastis.

Copyright ©Techocrunch

“Hanya 12,5 persen dari limbah ini yang baru saja didaur ulang. Jika hampir semua limbah bisa didaur ulang, tentu akan mendatangkan pemasukan senilai US$ 60 juta (setara dengan Rp 802 miliar),”Ungkapnya dalam sebuah pernyataan resmi.

BACA JUGA: Inikah Penampakan Steksa Paten Samsung Galaxy X?

Untuk ketersediaan sementara ini, Dell hanya menjual perhiasaan eksklusif secara online. Harga yang ditawarkan pun beragam, untuk cincin dibanderol sekitar Rp1 jutaan dan Rp4,6 jutaan untuk sepasang cuff link.

Tidak hanya mendaur ualng limbah perangkat elektronik jadi perhiasan mewah, sebelumnya perusahaan juga mendaur ulang limbah plastik menjadi kemasan laptop XPS 13 2 in 1.

Apa yang dilakukannya ini termasuk dalam bentuk upaya untuk meluncurkan produk dengan kemasan ramah lingkungan. Di tahun 2017, program percontohan daur ulang sampah plastik di laut ditargetkan bisa mencegah 7,25 metrik ton plastik yang mencemari laut.

Untuk membantu memastikan kemasan itu tak akan kembali ke lautan lagi, perusahaan Dell pun menyertakan cap simbol daur ulang nomor 2 di setiap lembar kemasan. Hal ini berarti lembaran tersebut masuk pada kategroi high density polyethylene/HDPE, kategori yang umumnya bisa dilakukan daur ulang di sejumlah lokasi.

BACA JUGA: Tips Downgrade iOS 11 ke iOS 10 Tanpa Kehilangan Data, Bagaimana?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here