Waspada, Ini Dia Dampak Smartphone Untuk Kulit!

0
1116
smartphone
Copyright©liputan6

5 Masalah Kulit Yang Gara-Gara Smartphone

Oketekno.com – Sudah menjadi hal umum jika smartphone tak bisa lepas dari kebanyakan orang. Mereka ketagihan menggunannya mulai dari menelepon, bermain instagram dan lain sebagainya.

Smartphone sendiri seolah juga menjadi tangan kanan kebanyakan orang dalam menjalankan aktiviatasnya sehari-hari. Namun meskipun demikian penggunaan smartphone ini juga memiliki dampak buruk salah satunya pada kulit pengguna.

Ada beberapa masalah dan dampak smartphone, masalah kesehatan kulit ini menjadi yang sering disekitar. Berikut ini masalah kulit akibat pemakaian smartphone :

Baca juga : Dikabarkan Ajukan Dokumen IPO, Ini Kata Dropbox!

1. Demaitis Kontak
Seperti diketahui jika casing atau pembungkus smartphone biasanya terbuat dari bahan nikel dan kronium. Menurut dokter kulit ternama Idriss, nikel sendiri merupakan salah satu penyebab alergi pada kulit. Maka dari itu pengguna disarankan supaya melindungi smartphone dengan casing dari bahan plastik dan menutup layar dengan pelindung layar.

smartphone
Copyright©hipwe

2. Jerawat
Cukup diketahui jika smartphone yang digunakan sebenarnya sangatlah kotor, dan itu dikatakan oleh Director of Cosmetic and Clinical Researh in Dematology di Mount Sinai Hospital New York City Joshua Zeichner. Dampak smartphone sendiri bisa cukup serius karena perangkat juga menjadi magnet bagi bakteri, sisa riasan, minyak dari kulit hingga kotoran dan debu.

Adanya panggilan telepon membuat penggunanya menempelkan smartphone ke wajah dan itu menyebabkan jerawat. Untuk mengatasinya, pengguna menggunakan earphone atau headset untuk menerima panggilan. Selain itu pengguna juga disarankan untuk membersihkan layar smarphone minimal dua hari sekali.

3. Kerutan Pada Leher
Terus menunduk atau melihat kebawah smartphone yang digunakan bisa menyebabkan -peningkatan kerutan pada bagian leher. Untuk menghindarinya dieprlukan upaya pencegahan. Caranya yakni memperbaiki duduk yang baik dan pengguna juga bisa menggunakan lotion yang megandung retoid, glycolic acid dan tabir surya.

Baca juga : Google ‘Usir’ 60 Aplikasi Bemuatan Pornografi Dari Play Store

4. Penuaah Dini
Hal yang satu ini terdengar cukup menakutkan dan bukan hanya sinar matahari saja yang mengakibatkan penuaan dini. Ternyata dampak smartphone juga menyebakan penuaan dini yang diakibatkan kerusakan pada kulit.

5. Bintik-Bintik Hitam
Paparan sinar biru smartphone tidak berkontribusi terhadap kerusakan DNA. Namun dari riset baru-baru ini menyebutkan jika peningkatan pigmen menyebabkan bintik-bintik serta hiperpigmentasi dini. Jika pengguna memiliki melasma atau bercak gelap pada kulit tentu akan bertambah parah karena smartphone. Penggunaan smartphone akan menjadi pemicu hiperpigmentasi tak merata. Salah satu solusinya tak lain penguna disarankan menggunakan earphone suapaya wajah tak bersentuhan langsung dengan smartphone.

Baca juga : Catat Nih, Cara Supaya Baterai DualShock PS4 Awet dan Tidak Cepat Habis!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here