Muncul Penipuan Lewat My Telkomsel, Begini Cara Pengaduannya

0
1165
my telkomsel
Copyright©kompasiana

Begini Cara Pengaduan Jika Alami Penipuan Aplikasi My Telkomsel

Oketekno.com – Pada era digital yang begitu modern ini ternyata buka hanya memudahkan pengguna, namun juga menjadi ladang untuk orang-orang jahat. Kasus terbaru yakni penipuan yang dialamatkan kepada pengguna aplikasi My Telkomsel.

Aplikasi ini sendiri merupakan milik operator seluler Telkomsel yang memungkinkan penggunanya untuk mengisi pulsa, bayar tagihan, aktivasi paket hingga tukar poin telkomsel. Dari laporan pembaca menyebut jika dirinya hampir saja menjadi korban penipuan oknum yang mengaku sebagai pihak Telkomsel.

Modus kejahatan penipuan ini yaitu pelanggan Telkomsel mendpaatkan telepon dari seseorang yang mengaku sebagai pihak Telkomsel. Padahal oknum tersebut merupakan si penipu dan oknum itupun meminta kepada pelanggan untuk menyebut empat digit kode verifikasi yang telah dikirim Telkomsel kepada pelanggan untuk mengakses aplikasi Telkomsel itu.

Baca juga :  Telkomsel Segera Luncurkan Paket Data Internet Baru Diatas 4G LTE, Seperti Apa?

Sedangkan dari prosesnya sendiri memang setiap hendak masuk ke aplikasi My Telkomsel, pelanggan diminta memasukan nomor telepon mereka. Kemudian pihak Telkomsel akan mengirimkan SMS berisikan empat digit kode verifikasi yang menjadi kunci jika pemilik nomor telepon benar-benar meminta akses masuk ke aplikasi tersebut.

my telkomsel
Copyright©mampirklik

Setelah kode verifikasi dimasukkan ke aplikasi, pelanggan pun bisa masuk ke aplikasi. Namun jika melihat dari kasus penipuan ini, si penipu mencoba memasukkan nomor telepon pengguna entah secara random maupun terecana ke aplikasi. Maka dari itu pelanggan secara otomatis akan mendapatkan SMS berisikan verifikasi untuk masuk.

Akan tetapi jika kode verifikasi itu diberikan kepada pihak lain, maka orang tersebut akan juga mendapatkan akses ke aplikasi My Telkomsel korban dan pulsa pelanggan pun bisa terkuras habis. Untuk menghindari penipuan, sebenarnya dalam SMS yang berisikan kode verifikasi yang telah dikirimkan Telkomsel (TSEL-APPS), pihak Telkomsel sudah memberikan peringatan untuk tidak memberikan kode tersebut ke siapapun.

‘Ini password RAHASIA Anda untuk login aplikasi. Telkomsel tak pernah meminta password ini da jangan berikan kepada siapapun. Waspada penipuan’ bunyi pesan singkat Telkomsel.

Baca juga :  Saingi YouTube, Telkomsel Berencana Ciptakan Video Marketplace!

Sementara itu Head of Media Relation At Telkomsel Aldin Hasyim mengaku jika pihaknya mempunyai wadah untuk pelangan yang ingn melaporkan pengaduan. Dia mengatakan pengaduan penipuan aplikasi My Telkomsel atau layanan telkomsel lainnya dapat dilakukan melalui wadah tersebut.

Caranya mudah yakni pengguna bisa mengirimkan SMS pengaduan ke nomor 1616 yang bebas biaya alias gratis. Pengaduan sendiri bisa dilakukan dengan format ‘PENIPUAN#NO.MSISDN PENIPUAN#ISI SMS PENIPUA’. Selain itu pengguna bisa meghubungi email [email protected] atau mention melalui facebook.com/telkomsel dan metion melalui akun Twitter @telkomsel.

Baca juga : Tips Cek Quota Internet Telkomsel Flash

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here