YouTube Hadirkan ‘Night Mode’ pada Aplikasi Android

0
632
Youtube
Copyright ©kompastekno

‘Night Mode’ Jadi Fitur Terbaru Youtube di Android

Oketekno.com – Antarmuka Youtube beberapa bulan lau mendapatkan pembaruan untuk memilih desain gelap atau Night Mode. Pembaruan ini dilakukan agar mata tidak lelah karena berhadapan terus menerus dengan layar dekstop.

Kali ini fitur Night Mode sepertinya akan diespansi ke aplikasi layanan video ini untuk perangkat mobile. Hal ini dilakukan setelah temuan oleh 9to5Google yang membongkar pembaruan YouTube 13.0 versi beta di Android.

Dari pembongkaran atau teardown tersebut ada sejumlah kode yang mengidentifikasi fitur-fitur baru dalam tahap pengembangan. Bukan hanya Night Mode, namun juga ditemukan fitur lainnya yakni fitur Incognito Mode. Fitur ini sebelumnya tersedia di Chrome dan GBoald untuk menyembunyikan aktivitas browsing pengguna.

Baca juga : Aplikasi YouTube di Android Akan Miliki Mode Gelap, Nyaman Untuk Mata!

Seperti yang terlihat jika selama ini penguna Youtube di perangakat mobile bisa menghapus pencarian secara manual tetapi cookies-nya tetap terekam. Namun dengan Incognito Mode, tak perlu lagi ribet menghapus history.

Youtube
Copyright ©inwepo

Pengguna hanya perlu mengaktifkan Incognito Mode, lantras riwayat dan cookies-nya tak akan tercatat. Kemudian pembaruan lain berkaitan dengan gestu yakni jika selama ini pengguna yang ingin melewati YouTube harus menekan sebuah notofikasi terlebih dahulu di sisi kanan bawah video.

Dengan temuan 9to5Google ini memperlihatakan jika pengguna nantinya akan cukup menggulir layar ke kanan untuk menghalangi iklan yang muncul. Mekanisme ini sendiri masih diperlukan di Indonesia karena belum tersedia Youtube red yang diketahui memang bebas iklan.

Sebelumnya juga ditemukan pula penyetelan sendiri untuk Autoplay. Temuan tersebut menunjukan jika pengguna dapat memilih mengaktifkan Autoplay yang memungkinkan video berikutnya berputar secara otomatis setelah video tertentu ditonton. Autoplay ini sendiri sebelumnya berada di bawah penyetelan General.

Baca juga :  Bisa Multitasking! Ini Dia Cara Memutar Video YouTube di Background

Akan tetapi hingga kini belum ada kejealasan dari pihak terkait mengenai kapan Youtube 13.0 versi final akan dirilis. Selain itu juga belum diketahui benar atau tidaknya fitur-fitur yang ditemukan dari hasil terdown. Hasilnya sendiri nantinya akan dibuktikan dan terealisasi ketika diluncurkan, maka dari itu layak ditunggu pembaruan ini.

Sementara itu pembaruan untuk memilih desain gelap alias Night Mode untuk dekstop Youtube sendiri dilakukan karena seringnya pengguna YouTube android menonton video saat malam atau saat kondisi gelap dan tanpa disadari kebiasaan tersebut dapat merusak kesehatan mata. Maka dari itu YouTube menghadirkan fitur Night Mode pada aplikasi YouTube android.

Baca juga : Cara Membuat Gambar GIF di Youtube Dengan Mudah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here