Wajib Baca! Ini Bahaya Dengarkan Musik Pakai Earphone!

0
2135
Copyright ©Magazine

Waduh, Bahaya Dengarkan Musik Pakai Earphone Bisa Bikin Tulis Permanen?

Oketekno.com – Salah satu cara yang dilakukan kebanyakan orang untuk mengusir rasa bosan adalah dengan mendengarkan musik. Terlebih mendengarkan musik jauh lebih asyik jika menggunakan Earphone.

Namun apakah kamu sudah tahu tentang Bahaya Dengarkan Musik Pakai Earphone? Kalau belum, yuk lanjutin tentang bahayanya bagi kesehatan telinga.

BACA JUGA: Hebat, Kecerdasan Buatan Alibaba Kalahkan Manusia dalam Tes Membaca

Jadi Tempat Berkembang Biak Bakteri

Earphone jadi salah satu tempat favorit untuk menginap ratusan bakteri lho.  Dari sebuah studi jurnal medis Laryngoscope yang melakukan penelitian terhadap jumlah bakteri dalam 20 headset di penerbangan komersial, terdapat sebanyak 60 mikroorganisme.

Namun ternyata, jumlah tersebut mengalami kenaikan hingga 650 bakteri usai digunakan selama satu jam. Hal ini disebabkan lantaran karet bantalan membuat telinga jadi lembab dan jadi tempat yang disenangi untuk berkembang biak bakteri.

Copyright ©

BACA JUGA: Jelang Dirilis, Desain Serta Spesifikasi Meizu M6S Terbongkar!

Potensi Terserang Penyakit Dari Penggunaan Earphone

Setiap menggunakan alat ini, telinga kita akan terasa sedikti terdorong olehnya. Yang paling bikin geli, ini bisa menyebabkan penumpukan kotoran telinga.

Rupanya penggunaan Eartphone yang terlalu lama dan masuk bisa jadi penghambat proses pengeluaran kotoran yang ada didalam telinga. Dan kemungkinan kotoran bisa mengeras dan susah dikeluarkan.

Bahkan parahnya lagi dari Bahaya Dengarkan Musik Pakai Earphone ini, bisa menyebabkan gangguan pendengaran sementara. Dan hal ini bisa diperparah jika kamu menggunakan eartphone dengan cara yang tidak benar.

Akibat Lebih Lanjut dari Penggunaan Eartphone

Badan Kesehatan Dunia (WHO) juga ikut mengeluarkan pernyataan terkait bahaya penggunaan perangkat tersebut. Pihaknya menyebut ada keungkinan terjadi kerusakan pendengaran adalah mendengarkan musik dengan waktu yang terlalu lama.

Sementara laporan dari The Guardian mengatakan bahwa saat ini MP3 Player mengeluarkan suara hingga 120 dB. Ini setara dengan suara gergaji listrik dari jarak kurang dari satu meter.

Padahal suara yang terlalu keras bisa menimbulkan gangguan pendengaran dengan merusak stereosila. Gangguan pendengaran akan terasa jika kamu mendengarkan musik selama 1 jam 15 menit. Dan dalam jangka panjang, bukannya tak mungkin bisa menyebabkan kehilangan pendengaran.

Sekarang sudah paham kan tentang Bahaya Dengarkan Musik Pakai Earphone? Untuk itu, mulai detik ini sebaiknya kamu batasi penggunaan earphone dan jangan dengarkan musik dengan volume terlalu keras.

BACA JUGA: Nokia 7 Akhirnya Cicipi Manisnya Update Android Oreo, Nokia 6 (2017) Segera!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here