Mau Tau? Begini Cara Ubah MicroSD ke Memori Internal!

0
12924
Copyright ©KabarGames

Cara Ubah MicroSD ke Memori Internal, Intip Dulu Yuk!

Oketekno.com – Seperti yang kamu tahu, setiap kali mengunduh aplikasi, tentu instalasi tersebut secara otomatis akan tersimpan di memori internal. Terlebih jika kamu memiliki memori internal yang kecil, kebebasan untuk simpan sesuatu pun juga akan terbatas.

Tenang saja, kamu pun bisa mengakalinya dengan menggunakan MicroSD. Bahkan saat ini Google memberikan kebebasan pada pengguna untuk memilih MicroSG untuk bisa jadi memori portabel.

Bagi kamu yang saat ini menggunakan Smartphone dengan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow ke atas, sudah bisa menggunakan fitur yang bisa mengubah microSD jadi penyimpanan internal. Dengan begitu, microSD akan berperan layaknya memori internal.

BACA JUGA: Yuk Simak, 5 Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Tersambung dengan Internet!

Hal ini berarti kamu bisa menginstal dan menyimpan data aplikasi di memori tersebut, meski aplikasi yang memiliki widget dan proses background. Yuk langsung simak saja langkah-langkah Cara Ubah MicroSD ke Memori Internal!

Namun satu hal yang wajib diingat, pastikan dulu memori yang kamu gunakan merupakan SD card dengan kecepatan yang memadahi. Jika kamu menggunakan SD card yang harganya murah serta kecepatan rendah, tentunya bisa menghambat proses ponsel untuk membaca memori.

BACA JUGA: Wow, Ini Dia 5 Smartphone Bisa Awet 10 Tahun Kedepan!

Langkah  pertama, masukkan MicroSD yang ingin kamu ubah. Setelah dimasukkan, lalu pilih Setup dan tekan Use as internal storage. Tapi harus juga kamu perhatikan ya, usai memilih untuk mengubah MicroSD jadi memori internal, secara otomatis Smartphone akan memformat ulang MicroSD. Sebaiknya, jika ada beberapa file penting pindahkan dulu.

Copyright ©jalantikus

Kemudian langkah selanjutnya Cara Ubah MicroSD ke Memori Internal yakni memindahkan foto, file, dan aplikasi untuk dipindah ke memori yang baru. Kita bisa mengakesnya melalui Settings > Storage & USB, pilih drive-nya, tap tombol menu, dan pilih Migrate data.

Copyright ©jalantikus

Namun seandainya pikiran kamu berubah dan ingin mengubah MicroSD jadi memori internal untuk dikembalikan jadi memori tambahan, maka yang harus dilakukan yakni cukup masuk di Setting, kemudian pilih Storage & USB.

Copyright ©jalantikus

Setelah itu tekan MicroSD yang ingin dirubah menjadi memori portabel, tap tombol menu dan pilih Format as portable. Dan nantinya proses ini akan membersihkan semua konten yang ada di MicroSD.

Itulah Cara Ubah MicroSD ke Memori Internal. Cara ini sepertinya sangat cocok buat kamu yang doyan banget install aplikasi-aplikasi menarik meski itu tak terlalu dibutuhkan.

BACA JUGA: Cara Mengatasi GPS Signal Not Found Pada Pokémon Go!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here