Angka Pertumbuhan Penggunaan Smartphone Turun di Sepanjang Tahun 2017, Kok Bisa?

0
233
smartphone
Copyright ©liputan6

Sepanajang Tahun 2017 Pertumbuhan Penggunaan Smartphone Mengalami Penurunan

Oketekno.com – Seperti diketahui beberapa waktu terakhir peluncuran smartphone dan perangkat pintar di pasar global gencar dilakukan. Namun idealnya hal tersebut berbanding lurus dengan pengguna perangkat seluler yang terus meningkat dari tahun ketahun.

Banyak penawaran mulai dari aplikasi, fitur hina teknologi mutakhir yang ditanamkan dalam perangkat seluler ternyata juga menjadi daya tarik tersendiri. Akan tetapi temuan fakta dari Flurry yang merupakan firma analis dan riset terkemuka menyebut jika ini ternyata tidak sejalan.

Baca juga :  Oh Ini, Jurus Andalan yang Dipakai Meizu Untuk Smartphone Miliknya!

Dari riset yang dilakukan menunjukan jika pertumuhan penggunaan perangkat seluler selama tahun-tahun belakang ini justru melambat terutama pada tahun 2017. Pada tahun kemarin Flurry mengukur pertumbuhan aplikasi secara keseluruhan hanya sebesar 6 persen atau turun dari tahun 2016 yang mencatatkan angka 11 persen.

Flurry sendiri mempertimbangkan semua perangat mobile yang ada dipasaran global yakni sebanyak 2,6 miliar unit. Bukan hanya smartphone, namun statistik yang diungkap juga meliputi penggunaan ponsel fitur. rata-rata orang menghabiskan lebih dari lima jam sehari menggunakan ponsel mereka.

smartphone
Copyright ©teknookezone

Penggunaan tersebut dilakukan secara bergantian antara mengggunakan aplikasi lama dan baru. Untuk penggunaan aplikasi belanja (online shopping) meningkat di tahun 2017 sebesar 54 pesren sesi. Kemudian untuk apliaksi musik, media dan keuangan berada diposisi ketiga dengan 33 persen sesi. Lalu untuk aplikasi olahraga, fotografi dan pesonalisasi turun 8 persen.

Namun yang menjadi menarik yakni penggunaan phablet yang meningkat secara keseluruhan di tahun 2017. Hal ini kemungkinana dipicu karena peluncuran smartphone berlayar lebar mulai dari Samsung Galaxy S8 Plus, Galaxy Note 8 higga iPhone X.

Baca juga :  Tak Hanya Mobil, Ada Juga Lho Smartphone Bermuka Dua!

Dalam catatan Flurry menyebutkan jika penggunaan phablet meningkat 55 persen pada tahun 2017 atau naik 14 persen dari tahun 2016. Sedangkan penggunaan smartphone berukuran sedang justru sebaliknya yakni mengalami penurunan. Untuk ponsel berukuran sedang pada tahun 2017 penggunaannya hanya mencapai 35 persen atau turun 9 persen dari tahun sebelumnya yang mencatatakan pada angka 45 persen.

Dengan demikian bisa dikatakan jika penggunaan smartphone turun sepanjang tahun 2017 ini. Padahal cukup diketahui jika sejumlah perusahaan teknologi terus melebarkan sayapnya untuk mengembangkan ponsel-ponsel buatan mereka. Namun justru perekembangan ponsel berbanding terbalik penggunaannya yakni semakin menurun.

Baca juga : Smartphone Mileniel Berkamera Selfie Ganda, Ini Dia Unboxing Samsung Galaxy A8+

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here