Android Message, Layanan Terbaru Google Saingi iMessage?

0
969
Copyright ©The Tech Portal

Huawei Dukung Android Message Milik Perusahaan Google

oketekno.com – Salah satu yang menjadi daya tarik dari perangkat Apple adalah dimana terdapat sebuah layanan atau fitur yang hanya bisa dinikmati oleh perangkat milik Apple itu saja, dan salah satunya adalah iMessage.

Dan seolah-olah ingin menyaingi vendor pemilik perangkat iPhone tersebut, dalam waktu dekat Google juga akan meluncurkan fitur serupa dengan menggunakan nama Android Message pada platform mereka.

Baca juga: Meski Belum Ada Dua Tahun, Google Assistant Kini Ada di Lebih 1500 Perangkat IoT Lho

Dan pada pekan ini, Google akan mengumumkan kemitraan baru untuk mempercepat adopsi pesan yang berbasis RCS yakni Android Message. Dan untuk yang bisa mencobanya pertama kali adalah seluruh perangkat smartphone dari Huawei.

Copyright ©The Tech Portal

Sudah sejak tahun 2015 lalu, adopsi layanan standar penerus dari SMS/MMS itu relatif lamban diantara operator dan juga perangkat. Dan Google Mempelopori upaya ini dengan membangun sebuah hubungan RCS ‘jibe’ pada tahun 2016 silam.

Baca juga: Pembaruan di Bulan Januari Google Pixel Perbaiki Layar Anti Penuaan!

Lalu mereka pun mengintegrasikan ‘Jibe’ tersebut dengan aplikasi SMS miliknya yakni Android Message, dengan begini akan lebih memudahkan lagi para operator seluler nanti untuk mendukungnya.

Tak hanya Google, tahun lalu perushaan raksasa asal Korea Selatan yakni Samsung juga membangun Hub RCS ini sendiri, namun untuk perusahaan Huawei memutuskan untuk memanfaatkan teknologi yang dimiliki oleh Google tersebut.

Huawei mengatakan, jika pihaknya telah berkolaborasi bersama dengan Google unutk menawarkan layanan Android Message ‘Jibe’ ini kepada mitra operator. Hal ini dimaksudkan untuk solusi terpadu dengan layanan IMS Perusahaan. Dengan begini maka pihak Huawei akan membantu Google dalam mendorong adopsi RCS ini.

Selain itu, perusahaan Huawei juga bakalan beralih ke ‘jibe’ ini sebagai aplikasi default SMS/RCS pada perangkatnya dalam beberapa bulan mendatang. Dengan begini, maka kita akan melihat semakin banyak lagi operator yang akan mengadopsi RCS dalam beberapa waktu kedepan, termasuk di Indonesia.

Baca juga: Google ‘Usir’ 60 Aplikasi Bemuatan Pornografi Dari Play Store

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here