Wajib Coba! Ini Nih 5 Cara Atasi Panas di Smartphone

0
1513
Mengatsi Panas di Smartphone
Copyright ©saungnet

Sering Jadi Masalah, Ini 5 Cara Atasi Panas di Smartphone

Oketekno.com – Tidak seperti komputer, smartphone tidak mempunyai alat pendingin otomatis. Maka dari itu sejumlah vendor memasang pengaman berupa pengukur panas guna mengetahui seberapa panas ponsel.

Pengukur panas ini sendiri akan menon-aktifkan sejumah fitur tertentu dalam smartphone. Beberapa fitur tersebut diantaranya seperti flash pada kamera dan kamera akan berhenti beroperasi ketika ponsel mulai panas. Sejumlah perusahaan pun juga ada yang mengandalkan metode pendinginana pasif sebagai cara atasi panas di smarphone.

Berikut ini lima hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi panas di smartphone :

Baca juga : Tanpa Flash, Berikut Cara Hapus Akun Mi Lupa Password!

1. Panas Saat Pengisian Daya
Saat pengisian daya biasanya smartphone akan menadi panas dan itu wajar. Akan tetapi jika terlalu panas biasanya ada masalah pada charger. Maka dari itu jika smartphone terlalu panas segera cabut charger lalu biarkan dingin sesaat, Jika sudah coba lakukan kembali pengisian daya dengan charger resmi ataupun charger tidak resmi berkualitas tinggi.

Mengatsi Panas di Smartphone
Copyright ©tribunstyle

2. Panas Terpapar Sinar Matahari
Meninggalkan smartphone dibawah sinar matahari menjadi hal yang tidak baik. Apalagi ponsel sendiri terbuat dari material plastik atau logam berwarna hitam yang notabennya akan menyerap panas. Cara atasi panas di smartphone akibat sinar matahari yang perlu dilakukan yakni menon-aktofkan ponsel tersebut. Setelah itu letakkan di tempat yang teduh dan jangan pernah membiarkan ponsel terpapar sinar matahari langsung dalam waktu yang lama, sebab hal tersebut dapat menyebabkan ponsel mati dan tak bisa hidupkan kembali.

3. Panas Karena Baterai Bengkak
Baterai smartphone bengkak atau menggelembung memang jarang terjadi, namun hal tersebut bukan tidak mungkin terjadi. Apabila muncul retakan pada bodi ponsel akibat baterai menggelembung segera non-aktifkan smartphone. Cobalah untuk tidak mengisi daya dan jika baterai semakin menggelembung bawa ke pusat layanan (service centre) untuk meminta pengganti baterai jika mempunyai garansi.

Baca juga :  Baru! Cara Mengetahui Lokasi Real-Time Seseorang Lewat WhatsApp

4. Panas Setelah Upgrade OS
Setelah melakukan upgrade OS biasanya kinerja background processing akan meningkat. Namun bisa dikatakan tidak wajar jika panas pada smatphone tidak kunjung turun serta kerap terjadi dalam beberapa minggu. Maka dari itu cara atasi panas di smartphone ini dibutuhkan penanganan darai service centre. Dari kebanyakan kasus ini, smartphone panas disebbakan kinerja CPU yang terlalu keras, tapi panas juga bisa disebabkan oleh baterai.

5. Panas Akibat beban Kerja Berat
Wajar saja jika smarphone ponsel terasa panas saat digunakan untuk bekerja seperti main game. Hal yang terjadi biasanya baterai smartphone cepat terkuras karena bekerja terlalu berat, bahkan kinerja ponsel akan melamban karena untuk mencegah overheating. Jika terjadi hal tersebut ada baiknya melakukan upgrade sistem operasi (OS) karena biasanya perangkat lama bisa jadi tak cukup kuat untuk menjalankan aplikasi dalam waktu yang lebih lama.

Baca juga : Cara Melihat Notifikasi Yang Terhapus Di Smartphone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here